Inilah Triton, Dewa Laut Berekor Ikan di Mitologi Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 6 Juli 2023 | 09:00 WIB
Triton adalah dewa laut berekor ikan dalam mitologi Yunani kuno. (Theoi)

Nationalgeographic.co.id—Triton adalah dewa laut berekor ikan dalam mitologi Yunani kuno. Dia adalah dewa pembawa pesan serta putra dari Poseidon yang menenangkan ombak dengan terompet cangkang keongnya.

Triton juga digambarkan sebagai dewa Tritonis, danau garam besar di Libya. Ketika Argonaut menemukan diri mereka terdampar di tengah gurun, dia membantu mereka menemukan jalan dari danau kembali ke laut.

Trtion digambarkan dalam lukisan vas Yunani sebagai mermen (pasangan laki-laki dari putri duyung) terkadang berjanggut bahkan awet muda. Dalam patung dan mosaik Yunani, dia sering diberi ekor ikan ganda atau lumba-lumba.

Seni mosaik juga menambahkan sepasang "tanduk" cakar kepiting, kulit berwarna hijau, dan terkadang sepasang kaki depan kuda. Sebagai pembawa pesan Poseidon, dia memiliki alis bersayap dan terompet kerang.

Seperti ayahnya Poseidon, Triton kuat dan membawa trisula. Dia disebutkan oleh penyair epik Homer dalam Odyssey, oleh Hesiod dalam Theogony-nya, dan dalam Argonautica, kisah puitis Argonauts oleh Apollonius, dan dalam Aeneid karya Virgil.

Keluarga Triton

Ayah Triton, Poseidon, adalah salah satu dari 12 dewa Olympian dalam mitologi Yunani kuno yang menjadi dewa penguasa setelah Gigantomachy, Perang Besar dengan para raksasa. Saudaranya Zeus telah menggulingkan ayah mereka, Cronus.

Saudara-saudara, Hades, Zeus, dan Poseidon menarik undian untuk domain. Zeus memenangkan undian dan menjadi penguasa tertinggi para dewa, Hades menjadi penguasa Dunia Bawah, dan Poseidon menjadi Penguasa Lautan.

Poseidon menikahi Amphitrite, anak tertua dari 50 putri Nereid Nereus. Dia adalah keturunan langsung dari, dan cucu dari, Titan Oceanus primal. Mereka memiliki tiga anak bersama, Benthesicymen, dewi ombak, Rhodes, senama pulau, dan Triton.

Karena Poseidon menjadi ayah dari banyak anak lain dengan dewi dan manusia di luar pernikahannya, Triton juga terkait dengan banyak saudara tiri - semuanya berjumlah sekitar 50. 

Triton adalah ayah dongeng dan pemimpin 3000 putri duyung, dan 3000 mermen.

Putri duyung, dan rekan pria mereka mermen adalah nimfa supernatural di laut. Mereka berbentuk setengah manusia, dengan ekor ikan. Mermen diyakini pada saat itu menghuni lingkungan air asin dan kadang-kadang datang ke darat. Kata putri duyung berasal dari kata bahasa Inggris Tengah yang berarti laut.