Aphrodite dan Adonis, Kisah Cinta Berakhir Tragis di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 8 Juli 2023 | 11:00 WIB
Kisah cinta Aphrodite dan Adoni di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Aphrodite dan Adonis, pasangan dalam mitologi Yunani kuno adalah bukti bahwa terkadang dewa pun tidak dapat menyelamatkan orang yang mereka cintai dari takdir.

Setelah bertemu satu sama lain, Aphrodite dan Adonis jatuh cinta dan tetap bersama sampai maut memisahkan mereka.

Aphrodite dalam mitologi Yunani kuno atau Venus dalam bahasa Romawi adalah salah satu dari 12 Dewa Olympus. Dia adalah dewi cinta, kecantikan, dan prokreasi. Dengan demikian, dia adalah yang paling cantik di antara para dewa dan hampir selalu diikuti oleh Cupid (Eros).

Aphrodite lahir dari potongan alat kelamin Dewa Uranus, setelah Cronus membuangnya ke laut dekat Siprus. Adonis adalah putra dari Myrrha dan Cynyras, dewa Siprus lainnya.

Ibu Adonis, Myrrha Jatuh Cinta dengan Ayahnya

Cerita dimulai tidak lain dari ibu Adonis, Myrrha. Myrrha adalah putri dari Cinyras dan Cenchreis, Raja dan Ratu Siprus. Wanita Siprus itu menderita di bawah beban moral yang luar biasa yang mencabik-cabiknya.

Myrrha jatuh cinta dengan ayahnya. Ovid dengan cemerlang menggambarkan kecemasan eksistensial Myrrha, yang cukup sial untuk dikutuk untuk mencintai ayahnya sendiri. Di satu sisi, Myrrha mengutuk dirinya sendiri karena terlahir sebagai putri Cinyras:

“Dia layak dicintai, tetapi hanya sebagai seorang ayah. – Aku bisa berbohong dengan Cinyras, jika aku belum menjadi milik Cinyras. Sekarang, dia bukan milikku, karena dia sudah menjadi milikku, dan kedekatan hubungan kami membuatku terkutuk: aku akan lebih baik sebagai orang asing.”

Ceritanya hampir berakhir ketika Myrrha mencoba bunuh diri. Saat dia bersiap untuk mengambil nyawanya sendiri, perawatnya memasuki ruangan dan menghentikannya.

Myrrha kemudian memberi tahu perawat tentang cintanya yang tidak wajar dan menyatakan bahwa hanya ada satu cara yang bisa dia tahan untuk menjalani hidupnya; untuk bersama ayahnya. Dengan enggan, perawat setuju untuk membantu mewujudkan persatuan yang tidak suci ini selama Myrrha tidak bunuh diri.

Selama festival Ceres, wanita yang sudah menikah di Siprus tidak diizinkan untuk bertemu suami mereka selama sembilan hari. Tempat tidur Cinyra kosong karena istri sahnya juga ikut serta dalam perayaan itu. 

Perawat melihat ini sebagai peluang. Dia mendekati Cinyras dan memberitahunya tentang seorang wanita yang benar-benar mencintainya. Dia membuat nama palsu, dan ketika raja bertanya berapa umur gadis itu, perawat itu menjawab: "sama dengan Myrrha."