Inilah Ghoul, Makhluk Mitologi Arab Suka Mengincar Darah Manusia

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 9 Juli 2023 | 12:00 WIB
Ghoul adalah makhluk mitologi Arab suka minum darah dan memangsa manusia. (Mythus Fandom)

Nationalgeographic.co.id—Ghoul dalam mitologi Arab adalah bagian dari dunia bawah dan dianggap membawa korbannya ke tanah orang mati untuk melahapnya. Ghoul juga dikenal suka minum darah dan memangsa manusia.

Ghoul dikenal lebih suka merangkak meskipun mereka mampu berjalan dengan dua kaki. Ghoul berakar pada agama dan mitologi Mesopotamia. Diperkirakan hubungan tersebut berasal dari perantau Arab yang berinteraksi dengan peradaban Mesopotamia dan cerita perdagangan.

Terlepas dari bagaimana hantu-hantu itu muncul dalam pengetahuan Arab, diketahui bahwa banyak dari apa yang diketahui tentang makhluk-makhluk ini berasal dari karya 'Arabian Nights.' 

Rangkaian cerita ini memberikan perspektif yang menarik tentang makhluk-makhluk ini dan dari mana asalnya. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa terjemahan Arabian Nights oleh penulis Eropa tidak sepenuhnya sesuai dengan sifat cerita yang direkam dalam karya tersebut. Karena itu, hantu diubah sedemikian rupa sehingga mengarah pada banyak interpretasi modern tentang makhluk itu.

Kisah paling awal tentang hantu muncul dari legenda Arab. Mitos ghoul sudah ada sebelum Islam, tapi karena ghoul disebutkan dalam Al Quran makhluk itu masih menjadi sumber teror dalam budaya Arab saat ini. Ada beberapa teori mengapa hantu itu muncul di Alquran.

Beberapa orang berhipotesis bahwa kepercayaan luas tentang Jin (makhluk yang bertanggung jawab atas mitos jin yang dianggap menghuni dunia paralel) mengarah pada penerapan hantu dalam agama Islam secara alami.

Yang lain percaya bahwa praktisi awal Islam menggunakan cerita yang akrab dengan budaya mereka untuk mengubah orang ke keyakinan baru mereka. Terlepas dari bagaimana ghoul diperkenalkan ke dalam pengetahuan Arab, ada beberapa fakta kunci yang tetap menonjol dalam legenda ghoul awal. 

Salah satu fakta terpenting yang tercakup dalam mitologi ghoul awal adalah bahwa makhluk-makhluk ini tampaknya lahir dari Iblis (Setan dalam Islam), yang secara teknis menjadikan mereka jin.

Iblis dianggap sebagai bagian dari ras makhluk yang disebut jin – ciptaan Allah yang hidup di dunia yang terpisah dari dunia kita. Namun, meskipun mereka adalah bagian dari dunia yang berbeda, mereka masih dapat berinteraksi dengan dunia kita. 

Diperkirakan bahwa ketika Allah menciptakan manusia, Iblis menjadi cemburu karena manusia disukai lebih dari jenisnya dan menolak untuk bersujud di hadapannya. Dia akan dibunuh karena kejahatannya, tetapi hidupnya diselamatkan oleh Allah sampai Hari Penghakiman.

Sayangnya, Iblis menggunakan waktu ini untuk membalas dendam pada manusia. Ini mungkin mengapa penciptaan hantu dikreditkan ke Iblis. Lagi pula, makhluk yang memakan daging manusia dan menikmati siksaan mereka kemungkinan merupakan bentuk balas dendam dari jin yang jatuh. 

Ghoul dari pengetahuan Arab awal juga diketahui tinggal di daerah sepi. Orang-orang yang melakukan perjalanan di dekat kuburan dan meninggalkan bangunan atau melalui gurun pasir diperingatkan untuk sangat waspada terhadap makhluk-makhluk ini.