Deretan Makhluk Mitologi Arab, Ada Jin Marid yang Terkuat dan Angkuh

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 10 Juli 2023 | 11:00 WIB
Banyak kisah dari makhluk mitologi Arab yang terkenal. Diantaranya Bahamut hingga Jin Marid. (Arab America)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Arab adalah salah satu yang paling beragam dan penuh warna di dunia. Dengan cerita tentang makhluk gaib, pahlawan pemberani, lampu ajaib, dan petualangan yang mendebarkan.

Banyak di antaranya diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi selama ratusan tahun, melestarikan semangat otentik budaya Arab di dalamnya.

Sementara beberapa di antaranya dikenal sebagai mitos murni dan telah mengambil peran dongeng biasa, banyak di antaranya masih dikelilingi oleh misteri, membuatnya semakin menarik. Berikut kisah makhluk mitologi Arab yang terkenal.

Bahamut

Dalam mitologi Arab, Bahamut adalah ikan besar yang berenang di lautan yang menopang bumi. Beberapa mitos menggambarkan Bahamut memiliki kepala gajah atau kuda nil.

Kadang-kadang, dia diberi bentuk yang lebih mengerikan, muncul sebagai ular laut dengan anggota badan dan gigi yang ganas. Dia ditugaskan untuk melindungi bumi dari segala bencana.

Legenda menceritakan, bahwa seekor banteng bernama Kujata/ Kuyuta mengendarai Bahamut, dan di atasnya terdapat gunung rubi. Di gunung, seorang malaikat, di atas malaikat mengapung enam neraka dan di atas neraka terletak bumi dan di atas bumi ada tujuh langit. 

Jin

Jin, sering disebut al-jinn atau jin adalah makhluk halus, terbuat dari api dan udara. Orang-orang Arab kafir menyembah jin jauh sebelum Islam diperkenalkan pada abad ketujuh, percaya bahwa roh-roh itu menguasai kerajinan tertentu dan unsur-unsur alam yang memiliki kekuatan untuk menyuburkan tanah.

Mereka bisa menjadi baik dan jahat. Seperti manusia, mereka memiliki kehendak bebas dan dapat membuat pilihan sendiri. Jin mampu mengambil bentuk manusia atau hewan dan diyakini tinggal di semua benda mati yang dapat dibayangkan seperti batu, pohon, reruntuhan di bawah bumi, di udara dan di api.

Ada banyak jenis jin dalam mitologi Arab. Marid adalah yang paling terkenal dan juga yang paling kuat. Mereka dikenal angkuh juga dapat mengabulkan keinginan, namun diperlukan pertempuran atau sanjungan yang luar biasa kepadanya jika ingin permintaannya dikabulkan.

Ifrit adalah Jin yang hidup di reruntuhan kuno dan meskipun mereka memiliki kehendak bebas, kebanyakan dari mereka dianggap sebagai makhluk jahat.