Segera Digelar, Jakarta International Dragon Boat Festival Ke-5

By National Geographic Indonesia, Sabtu, 8 Juli 2023 | 22:30 WIB
Olahraga dayung perahu naga bsia mengubah fisik, mental, dan ekonomi anak manusia. Jakarta International Dragon Boat Festival ke-5 digelar pada 29-30 Juli 2023 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara. Perhelatan ini bagian dari perayaan hari jadi ibukota DKI Jakarta. (Donny Fernando/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Panggung telah disiapkan, dayung siap diayun dan kegembiraan semakin terasa. Kita kembali mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan acara Jakarta International Dragon Boat Festival ke-5 2023 yang sangat dinantikan dalam rangka memeriahkan perayaan hari jadi ibukota DKI Jakarta.

Kejuaraan dayung Dragon Boat dengan skala internasional akan diadakan pada 29-30 Juli 2023, tepatnya hari Sabtu dan Minggu di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara. 

Salah satu event kejuaraan olahraga air tahunan terbesar kali ini akan memperebutkan hadiah uang tunai total senilai Rp600.000.000,- dan dibagi dalam 4 kategori: Open Premiere, International, Community dan Undangan Pelajar.

Setiap tim yang beranggotakan 12 orang dalam satu perahu akan menempuh jarak sepanjang 250 meter. Event kejuaraan menerapkan standar keselamatan dan protokol kesehatan secara ketat.

Tidak hanya kompetisi, festival ini juga menawarkan rangkaian kegiatan yang menarik. Para pengunjung dapat menikmati pertunjukan seni tradisional, pertunjukan budaya, kuliner, musik, serta berbagai aktivitas lainnya, sehingga menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi semua pengunjung.

Perhelatan Jakarta International Dragon Boat Festival ke-5 2023 didukung oleh Hong Kong Economic Trade Office yang telah menjadi Sponsor Platinum sejak event ini pertama kali diadakan pada tahun 2017 hingga penyelenggaraan di tahun ini. 

Tradisi kuno lebih dari 400 tahun lalu ini sekarang telah menjadi olahraga air yang popular di berbagai negara karena menggabungkan unsur prestasi, pendidikan dan rekreasi, serta dapat diikuti oleh pemula dari semua umur dengan kemahiran amatir.

Poster Informasi pendaftaran peserta Jakarta Dragon Boat Festival 2023. (Jakarta Dragon Boat Festival)

Olahraga dayung Dragon Boat mengandalkan kerja sama tim dan menjunjung tinggi nilai keberagaman, gotong royong, persatuan dan sportivitas.

Menurut Wibowo Suseno Wirjawan, Ketua Umum PODSI DKI, setelah sukses menyelenggarakan 4 kali Jakarta Dragon boat festival, Jakarta International Dragon Boat ke-5 2023 akan kembali digelar.

Festival ini akan diikuti oleh 12 team dayung dari mancanegara, selain peserta dari dalam negeri, pelajar dan komunitas, adanya penambahan kategori International, sehingga lomba tahun ini akan lebih meriah dan ramai.

"Saya berharap kegiatan JlDBF 2023 ini menjadi kegiatan positif yang dapat memfasilitasi pencinta olahraga dayung dan para komunitas untuk bisa membantu PODSI DKI Jakarta dalam memasyarakatkan olahraga dayung lebih luas disamping mencari bibit-bibit atlet muda berbakat," ungkapnya.