Phoebe, Dewi Bulan Bisa Meramal Kehidupan di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 11 Juli 2023 | 08:00 WIB
Phoebe, dewi bulan dalam mitologi Yunani kuno (Greek Fandom)

Nationalgeographic.co.id—Phoebe adalah dewi Titan dengan karunia ramalan dalam mitologi Yunani kuno. Phoebe juga disebut sebagai dewi bulan. Dia adalah salah satu dari 12 keturunan Uranus dan Gaia.

Seperti semua saudara perempuannya, dia tidak pernah terlibat dalam pertempuran antara dewa Olympian dan para Titan. Karena itu dia terhindar dari penangkapan di Tartarus. Sebaliknya, dia menjadi seorang nabi atau peramal di Oracle of Delphi dalam mitologi Yunani kuno.

Phoebe adalah bagian dari generasi pertama Titan, yang memerintah selama Zaman Keemasan. Kata Titan berarti ukuran dan kekuatan yang besar, yang merupakan pernyataan yang mudah dikenali begitu kisah generasi pertama Titans diceritakan.

Ke-12 Titan itu antara lain Kronos, Iapetus, Hyperion, Oceanus, Coeus, Creus, Theia, Rhea, Mnemosyne, Phoebe, Tethys, dan Themis. Phoebe cantik, dan mungkin salah satu Titan yang lebih tenang.

Coeus adalah dewa kecerdasan dan memimpin poros surga. Kronos adalah Raja para Titan dan dewa penghancur waktu. Dia dikenal memimpin pertarungan dengan saudara-saudaranya melawan Uranus. Meskipun mereka menang, putranya sendiri melemparkannya ke Tartarus, membatalkan kemenangan tersebut.

Adik perempuan Phoebe, Rhea, dikenal sebagai Ratu Titan dan dewi kesuburan wanita. Dia menyelamatkan Zeus dari Kronos, yang pada akhirnya akan melawannya.

Mnemosyne adalah dewi ingatan, kata-kata, dan bahasa. Dia mirip dengan Phoebe karena dia adalah dewi kenabian, tetapi di Oracle of Trophonius.

Phoebe memang bukan salah satu Titan paling terkenal saat ini, tapi masih ada beberapa mitos yang melibatkannya.

Kuil Oracle dari Delphi

Oracle of Delphi (peramal dari Delphi) adalah kuil terpenting di seluruh Yunani, dibangun di sekitar mata air suci dan dianggap sebagai pusat dunia.

Phoebe akhirnya menjadi orang ketiga yang mengabdi di Oracle of Delphi. Dikatakan bahwa dia mendengar suara ibunya saat menduduki Oracle. Sebelum dia, Gaia dan Themis sebagai sosok yang mengabdi di kuil tersebut.

Gaia menyerahkan tugas penting kepada putrinya, Themis, yang akhirnya menyerahkan tugas tersebut kepada Phoebe, saudara perempuannya. Namun, pekerjaan itu sulit bagi Phoebe, dan menurutnya itu adalah beban yang sangat sulit. Dia akhirnya merasa perlu untuk menyerahkan tanggung jawab dan memilih cucunya, Apollo, untuk menggantikannya.