Raja Midas yang Legendaris dalam Mitologi Yunani Ternyata Kisah Nyata

By Ricky Jenihansen, Rabu, 12 Juli 2023 | 10:00 WIB
Dalam mitologi Yunani, Raja Midas adalah raja yang legendaris yang dapat mengubah apapun yang dia sentuh menjadi emas. (Walter Crane)

Nationalgeographic.co.idRaja Midas adalah salah satu karakter paling terkenal dalam mitologi Yunani. Raja Midas adalah raja yang legendaris yang dapat mengubah apapun yang dia sentuh menjadi emas.

Namun demikian, dalam mitologi Yunani jelas ada banyak kisah yang hanya cerita dan tidak terbukti nyata. Berbagai hal lainnya telah dikonfirmasi oleh penelitian modern.

Tapi bagaimana dengan raja legendaris ini? Apakah Raja Midas benar-benar ada dan merupakan kisah nyata? Atau dia hanya fiksi belaka?

Siapakah Raja Midas?

Oleh karena itu, penting untuk memahami kisah Raja Midas menurut Mitologi Yunani. Dia muncul dalam tulisan berbagai penulis kuno, seperti sejarawan Yunani Herodotus, filsuf Yunani Plutarch, dan penulis Latin Hyginus dan Ovid.

Banyak dari catatan ini memberikan catatan yang kontradiktif tentang Raja Midas, tetapi mereka semua setuju pada satu hal: dia sangat kaya.

Catatan kekayaan Raja Midas yang paling terkenal berasal dari Ovid, yang menulis pada abad pertama Masehi.

Dalam cerita itu, dewa Dionysus menawarkan satu permintaan kepada Raja Midas. Raja Midas berharap semua yang disentuhnya berubah menjadi emas. Dionysus mengabulkan keinginan ini.

Pada awalnya, Raja Midas sangat gembira, tetapi dia segera membenci 'hadiahnya', karena makanannya turut berubah menjadi emas. Dalam satu versi, bahkan putrinya sendiri berubah jadi emas!

Dari banyak kisah tentang Raja Midas, ia diyakini bersumber dari kisah nyata. Detail lain yang diyakini oleh sebagian besar sejarawan: Raja Midas adalah Raja Frigia di Anatolia, yang memerintah pada masa Perang Troya.

Selain itu, mereka sebagian besar setuju bahwa dia adalah putra seorang raja bernama Gordias. Gordias ini, konon, mendirikan kota besar Gordium, yang merupakan ibu kota Kerajaan Frigia.

Benarkah Raja Midas dalam Mitologi Yunani berasal dari Kisah Nyata?