Nasib Metis, Istri Pertama Zeus Diubah Jadi Lalat di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 13 Juli 2023 | 08:00 WIB
Metis, istri pertama dewa Zeus dalam mitologi Yunani kuno diubah menjadi lalat. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Metis adalah salah satu Titan, putri Oceanus dan Tethys. Oleh karena itu, dia dianggap sebagai seorang Oceanid dalam mitologi Yunani kuno. Metis adalah istri pertama Zeus, dan menjadi dewi kebijaksanaan, kehati-hatian, dan pemikiran yang mendalam.

Dia digambarkan dengan kata Yunani 'metieta', yang berarti penasihat yang bijak. Lebih khusus lagi, dia adalah konselor Zeus.

Meski lahir sebelum Zeus, dia akhirnya membangun hubungan dekat dengan dewa guntur sebagai konselor dan kekasih yang setia. Entah sebagai istri pertamanya, atau sebagai orang yang menjadi kekasih rahasianya selama menikah dengan Hera. 

Namun, yang pasti, dia adalah penasihatnya selama Titanomachy, perang besar yang terjadi antara para Titan dan Olympian untuk menguasai alam semesta dalam mitologi Yunani.

Jika kita menerjemahkan nama Metis dari bahasa Yunani kuno ke bahasa Inggris, itu paling menyerupai sesuatu seperti 'kerajinan', 'keterampilan', 'kebijaksanaan', atau 'kelicikan magis'.

Kualitas lain yang dianggap sebagai arketipe adalah pemikiran yang dalam dan kehati-hatian. Kombinasi kebijaksanaan dan kelicikan berarti dia memiliki kekuatan penipu bernuansa, seperti yang dimiliki Prometheus.

Kekuatan penipunya akan diekspresikan melalui kemampuannya untuk mengambil banyak bentuk. Dengan begitu, dia bisa melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda, misalnya dari sudut pandang binatang. Ini akan membantunya membuat keputusan yang cerdas dan bijak.

Perpaduan antara kebijaksanaan dan kelicikan adalah sesuatu yang sangat dihargai di Yunani kuno. Misalnya, Odiseus dipuji karena memiliki sifat-sifat ini. Juga, rata-rata orang Athena suka menganggap dirinya dicirikan sebagai 'metis'. 

Zeus Menelan Metis

Menurut sumber mitologi Yunani yang bertahan sejak zaman kuno, kisah Metis berakhir setelah Zeus mulai menelannya. 

Memang, Zeus berutang hidupnya dan naik ke kekuasaan sebagian besar untuknya, karena dia dikenal sebagai konselor bijak Zeus. Di antara yang lain, dia membantunya mengalahkan ayahnya, Cronus, untuk naik ke tampuk kekuasaan.

Tapi, setelah nasehat bijak lainnya, Zeus menyadari bahwa Metis sendiri adalah wanita yang sangat kuat.