Kisah Cinta Eurydice dan Orpheus, Romeo-Juliet di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 15 Juli 2023 | 07:00 WIB
Kisah cinta Eurydice dan Orpheus dalam mitologi Yunani kuno berakhir tragis. (Defitenitely Greece)

Nationalgeographic.co.id - Eurydice adalah peri dalam mitologi Yunani. Dia menikah dengan Orpheus, seorang penyair dan musisi legendaris.

Kisah cinta keduanya yang awalnya manis menjadi takdir yang berakhir tragis. Eurydice mati muda dan kekasihnya benar-benar pergi ke ujung dunia, kembali lagi untuk mencoba menyelamatkannya.

Eurydice dan Orpheus adalah versi Yunani dari Romeo dan Juliet. Tanpa yang lain, satu-satunya keberadaan mereka tampaknya tidak lengkap.

Orpheus menghabiskan sebagian besar masa kecilnya menjelajahi dan mengejar musik dan puisi. Dia bisa memikat orang banyak, baik manusia maupun binatang. Bahkan, bisa menyihir benda mati.

Orpheus sering menghibur orang banyak dengan kecapi dan suaranya yang merdu. Suatu hari, dia melihat gadis tercantik yang pernah dia lihat dan langsung tertarik padanya. Ya, gadis tersebut adalah Eurydice. Keduanya tidak bisa melepaskan pandangan mereka.

Mereka jatuh cinta dan tidak dapat berpisah bahkan untuk sesaat hingga memutuskan untuk menikah. Pernikahan mereka diberkati oleh dewa pernikahan, Hymenaios.

Hari dimulai dengan sinar matahari yang menyinari pesta bahagia. Namun seiring berjalannya hari, bayang-bayang membayang di kejauhan, seolah memberi pertanda tentang masa depan pasangan baru itu.

Sayangnya, takdir memiliki rencana berbeda untuk Eurydice dan Orpheus. Karena kecantikannya yang luar biasa, tidak jarang pria lain menganggap Eurydice menarik dan mendambakannya.

Salah satu dari orang-orang ini, Aristaeus, membuat rencana untuk menjadikan Eurydice miliknya. Dia membenci Orpheus dan sangat bertekad.

Suatu hari, Aristaeus bersembunyi di semak-semak dan menunggu pengantin baru lewat. Dia berencana untuk melompat keluar dari tempat persembunyiannya saat mereka lewat, dan untuk membunuh Orpheus. Namun Orpheus mendeteksi dia dan rencananya. Jadi, Orpheus pun meraih tangan Eurydice dan mereka mulai berlari melewati hutan, mencoba melarikan diri dari musuh mereka.

Akan tetapi, Aristaeus kuat dan gesit serta mampu mengimbangi pasangan itu. Tepat saat dia mendapatkan pijakan, Eurydice tiba-tiba tersandung dan jatuh.

Tangannya terlepas dari Orpheus dan butuh beberapa saat baginya untuk berhenti dan berbalik untuk kembali untuknya. Orpheus mencari-cari Aristaeus, tetapi dia sudah pergi setelah menyaksikan apa yang terjadi. Eurydice pun telah menginjak sarang ular dan telah digigit ular berbisa. Orpheus pun akhirnya menjadi seorang duda.