Dunia Hewan: Apakah Hewan Juga Mengalami Pubertas seperti Manusia?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 15 Juli 2023 | 12:00 WIB
Tidak diragukan lagi, di dunia hewan, mereka juga mengalami pubertas. (Anup Shah)

Nationalgeographic.co.id—Bagi manusia, istilah masa pubertas sepertinya memang tidak asing lagi. Ciri-ciri masa pubertas juga sangat jelas dan itu menjadi penanda peralihan dari masa kanak-kanak ke dewasa.

Pada masa pubertas, laki-laki biasanya akan mengalami mimpi basah, tumbuh jakun, suara mulai berat, dan beberapa ciri fisik lainnya.

Sementara pada perempuan, ciri-ciri pubertas di antaranya mengalami menstruasi pertama kali, payudara mulai tumbuh, pinggul mulai membesar, dan beberapa ciri fisik lainnya.

Peralihan pada masa pubertas adalah masa yang canggung dan penuh dengan kecerobohan sosial. Namun bagaimana dengan dunia hewan? Apakah mereka juga mengalami masa pubertas seperti manusia?

Seperti diketahui, masa pubertas adalah periode perubahan fisiologis dan sosial. Tidak diragukan lagi, di dunia hewan, mereka juga mengalami pubertas. Perubahan hormonal dan fisiologis terjadi agar memungkinkan terjadinya perkawinan.

Barbara Natterson-Horowitz, seorang ahli jantung dan ahli biologi evolusi di University of California berpendapat bahwa sebagian besar hewan memang mengalami masa pubertas.

Di dunia hewan, Natterson-Horowitz menyebut masa pubertas dengan istilah "wildhood" atau "keliaran. Kondisi itu ditandai dengan hewan menjadi lebih liar dari sebelumnya.

Periode tersebut juga termasuk perubahan sosial yang harus dinavigasi oleh hewan muda saat mereka bertransisi menjadi dewasa.

Untuk waktu yang lama, masa remaja dianggap unik bagi manusia, kata Natterson-Horowitz kepada Live Science.

"Akan tetapi semakin Anda mengupasnya kembali, semakin Anda menemukan bahwa meskipun ada aspek-aspek tertentu dari masa remaja yang unik bagi manusia," katanya.

"Periode transisi yang dimulai dengan permulaan masa pubertas dan berakhir ketika seorang dewasa muncul—itu universal."

Mungkin tidak mengherankan, pada spesies yang berkerabat paling dekat dengan kita, seperti simpanse (Pan troglodytes), beberapa perubahan ini mudah dikenali manusia.