Frensly Demianus Hukom dalam Diskusi Sisir Pesisir: Pengamatan Karang Indonesia Pernah Dilakukan di 40 Lokasi

By Utomo Priyambodo, Kamis, 20 Juli 2023 | 13:00 WIB
Frensly Demianus Hukom, Ketua Kelompok Penelitian Kesehatan Ekosistem Terumbu karang di Pusat Riset Oseanografi BRIN, turut menandatangani komitmen kolaborasi dalam program Sisir Pesisir yang diinisiasi National Geographic Indonesia. (Warsono)

Nationalgeographic.co.id—Diskusi Kelompok Terpumpun Sisir Pesisir pada pertengahan Juli lalu diikuti antara lain oleh Frensly Demianus Hukom. Frensly adalah Ketua Kelompok Penelitian Kesehatan Ekosistem Terumbu karang, Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menanggapi program inisiatif National Geographic Indonesia bertajuk Sisir Pesisir ini, Frensly berkata, "Saya mengucap terima kasih untuk National Geographic Indonesia yang sudah menginisiasi untuk sama-sama kita lihat kondisi pesisir kita."

Berdasarkan pengalamannya, peneliti senior berusia 63 tahun itu bercerita bahwa kegiatan penelitian ekosistem terumbu karang di Indonesia telah dimulai setidaknya sejak tahun 1987. "Tahun 1987 itu saya masih berumur 27 tahun. Jadi kami itu ditraining oleh Australia," tutur Frensly.

Pada tahun 1987, ada kegiatan pelatihan bagi para peneliti kelautan di Indonesia untuk menjalankan program pemantauan pesisir. Kegiatan itu bertajuk Training Asean Australia Marine Science Project.

Lalu pada tahun 1998-2004 adalah kegiatan Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) Fase 1. Kemudian ada COREMAP Fase 2 pada tahun 2004-2012. Lalu ada COREMAP Fase 3 antara tahun 2015-2023.

Jika ditotal kegiatan COREMAP setidaknya telah melakukan pengamatan ekosistem terumbu karang di 40 lokasi. Dengan data terakhir tahun 2021, ada 31 lokasi pengamatan ekosistem terumbu karang di Indonesia.

Hasilnya, ada dua lokasi dengan tutupan karang kategori rendah, yaitu Mentawai dan Lombok Barat. Lalu ada 16 lokasi dengan tutupan karang kategori sedang. Kemudian, ada 13 lokasi dengan tutupan karang kategori tinggi, misalnya Karimun Jawa, Laut Banda, dan Kapoposang.

Yang dimaksud kategori rendah adalah wilayah dengan persentase tutupan karang keras hidup lebih kecil dari 19%. Adapun yang masuk kategori sedang adalah wilayah dengan persentase tutupan karang keras hidup antara 19% sampai 35%. Adapun yang masuk kategori sedang adalah wilayah dengan persentase tutupan karang keras hidup lebih dari 35%.

Frensly Demianus Hukom, Ketua Kelompok Penelitian Kesehatan Ekosistem Terumbu karang di Pusat Riset Oseanografi BRIN, turut memberikan pemaparan dalam acara Diskusi Sisir Pesisir yang diadakan National Geographic Indonesia. (Warsono)

Frensly menyarankan data-data dari COREMAP ini menjadi baseline atau garis dasar dalam pemilihan titik-titik wilayah untuk program Sisir Pesisir nanti. Dengan adanya data dari COREMAP ini, nantinya kita bisa membuat perbandingan kondisi pesisir hasil pemantauan Sisir Pesisir nanti dengan kondisi pada waktu sebelumnya. 

Yang menarik dari kegiatan COREMAP ini, menurut Frensly, adalah upaya melibatkan mayarakat pesisir dalam kegiatan pemantauan dan pelestarian wilayah pesisir ini.

"Jadi COREMAP ini mengubah paradigma dari orang atau masyarakat pesisir yang tadinya mereka tidak mengeri fungsi terumbu karang. Sehingga mereka cenderung untuk bisa lebih mem-protect-nya," ujar Frensly.