Sejarah Perang Salib Anak-anak, Fanatisme Berujung Hilangnya Nyawa

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 20 Juli 2023 | 09:00 WIB
Ukiran abad ke-19 M oleh Gustave Doré dari Perang Salib Anak tahun 1212 M. (Gustave Doré)

Nationalgeographic.co.id—Sejarah Perang Salib Anak adalah salah satu peristiwa yang tidak biasa yang terjadi di Inggris Abad Pertengahan. Pada tahun 1212, puluhan ribu anak-anak pejuang salib yang memproklamirkan diri dan tidak bersenjata berangkat dari Prancis utara dan Jerman barat untuk merebut kembali Yerusalem dari kaum Muslim.

Meskipun tidak pernah benar-benar menerima sanksi resmi, apa yang disebut perang salib adalah sebuah bencana. Tak satu pun dari anak-anak mencapai Tanah Suci, banyak yang dikatakan telah dijual sebagai budak, dan ribuan tidak pernah kembali sama sekali dalam sejarah Perang Salib.

Ribuan anak laki-laki, mulai dari usia enam tahun hingga dewasa penuh, meninggalkan bajak atau gerobak yang mereka kendarai, ternak yang mereka gembalakan, dan hal lain yang mereka lakukan.

Hal tersebut mereka lakukan terlepas dari keinginan orang tua, kerabat, dan teman mereka yang berusaha membuat mundur. Tiba-tiba seorang berlari mengejar yang lain untuk memikul salib. Jadi, dengan kelompok yang terdiri dari dua puluh, lima puluh, atau seratus, mereka memasang panji-panji dan mulai melakukan perjalanan ke Yerusalem.

Asal-usul terjadinya sejarah Perang Salib Anak-anak di Inggris Abad Pertengahan. (Wikimedia)

Anak-anak mengklaim bahwa itu adalah kehendak Tuhan yang mendorong mereka untuk melakukan Perang Salib ini. Meskipun demikian, ekspedisi mereka pada akhirnya tidak mencapai tujuannya.

Menurut sumber abad ke-13, Chronica regia Coloniensis ('Royal Chronicle of Cologne'), Perang Salib Anak dimulai sekitar Paskah atau Pentakosta tahun 1212:

“Beberapa dikembalikan ke Metz, yang lain di Piacenza, dan yang lainnya bahkan di Roma. Yang lain lagi sampai ke Marseilles, tetapi apakah mereka menyeberang ke Tanah Suci atau apa tujuan mereka tidak pasti. Satu hal yang pasti: dari ribuan orang yang bangkit, hanya sedikit yang kembali.”

Stephen dan Nicholas, Pemimpin Perang Salib Anak

Ada dua kelompok anak-anak terpisah yang terlibat dalam Perang Salib ini. Kelompok pertama datang dari Prancis, dipimpin oleh seorang anak petani bernama Stephen dari Cloyes. Anak laki-laki itu mengklaim bahwa Kristus telah menampakkan diri kepadanya dalam mimpi, dan mengirimkan surat dari Surga. 

Stephen mengumpulkan sekelompok pengikut muda di kota Vendôme, dan kemudian berbaris ke Saint-Denis, tepat di luar Paris, di mana dia bermaksud untuk menyampaikan isi 'suratnya' kepada raja Prancis, Philip II.

Raja tidak terhibur oleh tentara salib muda itu, bahkan tidak repot-repot bertemu dengannya, dan menyuruh mereka pulang. Meskipun beberapa mengikuti nasihat raja, dan pulang, banyak yang lain menggantikannya. Dikatakan bahwa Stefanus berhasil mengumpulkan 30.000 anak, dan membawa mereka ke Marseilles, di mana mereka akan menyeberangi Mediterania menuju Tanah Suci.