Samurai Date Masamune, Sang Naga Bermata Satu dari Kekaisaran Jepang

By Sysilia Tanhati, Kamis, 27 Juli 2023 | 16:04 WIB
Sebagai samurai di Kekaisaran Jepang, Date Masamune merupakan ahli taktik yang luar biasa. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.idDate Masamune dikenal sebagai Dokuganryu atau Naga Bermata Satu dari Utara.

Sebagai samurai di Kekaisaran Jepang, Masamune merupakan ahli taktik yang luar biasa. Ia adalah pemimpin yang brilian, pejuang yang tak kenal takut, dan penguasa Sendai.

Masamune dihormati di antara para samurai sebagai orang yang setia dan etis. Meski kejam, sang naga bermata satu juga menjadi administrator yang paling cakap.

Asal-usul Date Masamune, samurai agresif nan ambisius di Kekaisaran Jepang

Date Masamune adalah putra Date Terumune, penguasa Mutsu, di Istana Yonezawa. Dia kehilangan mata kanannya karena penyakit cacar saat masih kecil.

“Karena kehilangan satu mata, sang ibu menganggapnya tidak layak untuk jadi pewaris klan,” tulis Kato di laman Samurai World.

Ibu Masamune kemudian memperjuangkan agar adik laki-laki Masamune, Kojiro, dijadikan pewaris.

Ironisnya, wanita itu berusaha meracuni putranya agar tidak menjadi penghalang. Untuk menyelamatkan diri, Masamune membunuh saudaranya. Hal itu juga dilakukan agar ia tetap menjadi pewaris klan.

Sebagai pemimpin klan Date setelah ayahnya pensiun, Masamune menaklukkan wilayah sekitarnya sambil memperkuat wilayahnya sendiri.

Tidak dapat mencegah serangan Masamune ke wilayah mereka, klan tetangga Hatakeyama mengajukan banding langsung ke ayah Masamune. “Mereka meminta sang ayah untuk mengendalikan putranya,” tambah Kato.

Ketika Terumune mengakui bahwa dia tidak dapat menghentikan putranya, Hatakeyama menawan mantan pemimpin klan yang sudah pensiun itu.

Masamune sedang dalam perjalanan berburu dengan pengikutnya saat berita penculikan diterima.