Ketika Mjolnir, Palu Thor Jadi Alat Pemberkatan di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:00 WIB
Mjölnir adalah nama palu Thor dalam mitologi Nordik. Selain sebagai senjata, palu ini digunakan sebagai alat pemberkatan. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Mjölnir atau diucapkan Miol-neer adalah nama palu Thor dalam mitologi Nordik. Palu itu memberi Thor kekuatannya yang besar dan dikatakan ditempa oleh seorang kurcaci.

Karena pegangan senjata yang pendek, Thor hanya bisa memegangnya dengan satu tangan dan harus memakai sarung tangan besi ajaib untuk mencengkeram porosnya.

Dewa guntur menggunakan palu itu untuk melindungi langit dan bumi dari musuh, seperti raksasa dan kekuatan penghancurnya. 

Nama Mjölnir mungkin berarti kilat dalam bahasa Norse Kuno. Kata itu bisa berarti putih dan mengacu pada kesucian, seperti kesucian kilat putih. Ketika orang-orang mendengar suara guntur, mereka mengenal Thor, yang namanya berarti guntur, dan palunya sedang bekerja.

Mjölnir diciptakan melalui tipu daya dewa Loki yang juga dikenal sebagai penipu. Loki melakukan kejahatannya suatu hari, ketika dia berada di sisi yang salah dari Thor setelah dia memotong rambut emas istri Thor, Sif. 

Thor menjadi marah dan mengancam akan menghancurkan tulangnya, tetapi Loki berhasil menghindari kemarahan Thor, berjanji dia akan mendapatkan kunci yang lebih indah untuk Sif dari para kurcaci. Thor menyerah dan membiarkan Loki pergi ke Svartalfheim, gua tempat tinggal para kurcaci.

Para kurcaci diduga ahli perajin dan dengan demikian Loki berhasil dalam tugasnya, bahkan berhasil mengelabui para kurcaci agar menghasilkan lebih banyak barang berharga.

Loki menerima rambut baru yang menakjubkan dari putra salah satu kurcaci, Ivaldi. Kedua kurcaci itu juga menciptakan dua benda luar biasa lainnya, Skidbladnir, sebuah kapal yang dapat dilipat agar muat di saku seseorang dan selalu memiliki angin terbaik di layarnya, dan tombak mematikan yang disebut Gungnir.

Loki terpikat oleh karya ahli mereka. Dia menipu dua saudara kurcaci lainnya, Brokkr dan Sindri, untuk membuat karya bagus lebih lanjut untuknya. Dia memanipulasi dengan mengatakan bahwa mereka tidak akan bisa membuat barang yang lebih baik daripada yang dimiliki dua bersaudara lainnya. 

Sindri kemudian menciptakan Gullinbursti, seekor babi hutan dengan rambut emas, meskipun Loki telah berubah menjadi seekor lalat dan mencoba untuk menunda tugasnya. 

Sindri menciptakan bagian lain yang disebut Draupnir, sebuah cincin emas yang mereproduksi dirinya sendiri delapan kali setiap sembilan malam. Selanjutnya, Sindri mulai mengerjakan palu, tetapi Loki yang telah berubah menjadi lalat kembali menggigit kelopak matanya. Dia berhasil tetap menghasilkan Mjölnir bahkan dengan gangguan Loki, tetapi senjata itu akhirnya memiliki pegangan yang lebih pendek dari yang dia inginkan.

Dua saudara kurcaci, Sindri dan Brokkr, pergi ke Asgard untuk mengeklaim pembayaran atas tiga karya luar biasa yang mereka buat, tetapi sayangnya bagi mereka, Loki kembali lebih dulu.

Loki memberikan palu dan rambut baru kepada Thor, cincin dan tombak kepada Odin, dan kapal serta babi hutan berambut emas yang dia berikan kepada Freyr.