Dunia Hewan: Apakah Hewan Mengenal Kakek dan Neneknya seperti Manusia?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 30 Juli 2023 | 15:00 WIB
Sebagian besar spesies di dunia hewan tidak mengenal konsep kakek dan nenek. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id – Di dunia manusia, kakek dan nenek dihormati di dalam masyarakat. Kakek dan nenek biasanya bercerita tentang masa lalu. Mereka juga sering kali memberi makan cucu berlebihan, dan cerita ini umum di dunia manusia. Bagaimana dengan dunia hewan?

Apakah perilaku yang sama juga terjadi di dunia hewan? Apakah ada hewan yang mengenal kakek dan nenek mereka seperti manusia?

Untuk sebagian besar spesies di Bumi, jawabannya adalah tidak. "Biasanya, tidak ada kakek dan nenek (di sekelilingnya) lagi" ketika hewan lahir, kata Mirkka Lahdenperä, seorang ahli biologi di University of Turku di Finlandia.

Bahkan jika rentang hidup hewan tumpang tindih dengan kakek-neneknya, sebagian besar spesies menyebar untuk menghindari persaingan memperebutkan sumber daya. Sehingga di dunia hewan, kemungkinan bertemu dengan kakek dan neneknya sangat kecil.

Namun ada beberapa pengecualian penting, terutama di antara mamalia yang hidup dalam kelompok sosial yang erat.

Dalam bukunya "The Social Behavior of Older Animals" (Johns Hopkins University Press, 2009), ahli zoologi Kanada Anne Innis Dagg menggambarkan pasukan lutung di India dengan betina yang lebih tua bercampur dengan putri dan cucu mereka.

Nenek lutung memiliki tugas tertentu. Mereka secara agresif mempertahankan bayi kelompoknya dari serangan manusia, anjing, dan monyet saingan.

Beberapa lutung betina bahkan memberikan perlakuan khusus kepada cucu mereka sendiri, merawat mereka. Bahkan mereka ikut campur ketika cucunya bermain terlalu kasar dengan lutung muda lainnya.

Banyak spesies paus juga bepergian dalam kelompok keluarga yang mencakup nenek dan cucu. Dalam kelompok paus sperma, menurut Dagg, betina tua atau sang nenek membantu mengasuh anak-anak kelompok itu, sementara induknya menyelam untuk mencari makan.

Nenek Orca sering memimpin kelompok mereka. (NOAA)

Nenek paus orca juga sering memimpin kelompok mereka dan dapat hidup selama beberapa dekade setelah mereka berhenti bereproduksi.

Bahkan orca tertua yang diketahui, dijuluki "Nenek". Dia meninggal pada tahun 2016 di usia lebih dari 100 tahun.