Benarkah Kuda Kaisar Caligula Jadi Konsul dalam Sejarah Romawi?

By Sysilia Tanhati, Selasa, 8 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Sejarah Romawi seakan tidak pernah kekurangan cerita soal keunikan Kaisar Caligula. Salah satunya adalah tentang kuda kesayangannya yag dijadikan konsul. Benarkah demikian? (The Trustees of the British Museum)

Nationalgeographic.co.id—Kekaisaran Romawi seakan tidak pernah kekurangan kisah unik seputar kaisarnya. Salah satu penguasa yang terkenal “gila” dalam sejarah romawi adalah Caligula. Menurut cerita, Caligula sempat melantik kuda kesayangannya, Incitatus, menjadi konsul Romawi.

Kisah Caligula yang menjadikan kuda kesayangannya sebagai konsul telah lama menggelitik imajinasi. Kuda itu bahkan berhasil masuk ke Oxford Dictionary of Phrase and Fable. Definisinya untuk nama “Incitatus” berbunyi nama kuda Caligula, dijadikan konsul oleh kaisar.

Salah satu bukti terbesar dari keabadian Incitatus adalah fakta bahwa ia memiliki laman Wikipedia sendiri.

Ada bukti kuno yang menyebutkan rencana untuk menjadikan Incitatus sebagai konsul. Namun kita harus mengetahui fakta bahwa kuda Caligula sebenarnya tidak pernah menduduki posisi di senat.

Benarkah kuda kesayangan Kaisar Romawi Caligula diangkat menjadi konsul?

Konsul adalah hakim tertinggi di Republik Romawi. Ketika Romawi berubah menjadi kekaisaran, posisi itu masih ada. Di era Kekaisaran Romawi, konsul adalah jabatan kehormatan. Kaisar menggunakan jabatan konsul untuk memberi penghargaan kepada senator yang setia.

Mengenai kuda Caligula, sumber-sumber kuno tidak ambigu dalam kesaksian mereka: kuda itu tidak dijadikan konsul.

Akan tetapi, penulis biografi Suetonius melaporkan bahwa kaisar “memanjakan” Incitatus. Kuda itu memiliki kandang marmer, palungan gading, selimut ungu, dan perlengkapan mewah. Incitatus bahkan memiliki budaknya sendiri.

Suetonius juga menulis, “… juga dilaporkan bahwa dia menunjuk Incitatus ke konsul.”

Sumber kuno lainnya, sejarawan Cassius Dio, memberikan versi yang sedikit berbeda. “…dan dia bahkan berjanji untuk menunjuk Incitatus menjadi konsul. Dan dia pasti akan melakukan ini, jika dia hidup lebih lama.”

Catatan dua sejarawan kuno mungkin berasal dari pernyataan tidak langsung yang dibuat oleh Caligula bahwa dia akan menjadikan Incitatus sebagai konsul. Meskipun akhirnya sang kaisar tidak pernah mengambil tindakan lebih lanjut.

Mengapa Caligula mengatakan ini? Salah satu teori paling populer adalah bahwa kaisar mengkritik para konsul. Konsul dianggap seperti keledai sehingga Caligula mungkin ingin memasukkan kudanya ke dalam kelompok elite ini.