Gungnir, Tombak Dewa Odin Jadi Senjata Terkuat di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 8 Agustus 2023 | 09:00 WIB
Gungnir, tombak dewa Odin dalam mitologi Nordik punya kekuatan lebih dari palu Mjolnir milik Thor. (Wikimedia commons)

Nationalgeographic.co.id—Gungnir adalah tombak Odin di mitologi Nordik. Salah satu benda paling kuat yang dimiliki oleh para dewa. Bahkan kekuatannya melebihi palu Mjolnir milik Thor

Banyak penggambaran Odin menunjukkan dia memegang tombaknya. Dalam beberapa kasus, digunakan untuk mengidentifikasi dewa utama dalam gambar yang ambigu. 

Hal itu dinamai The Swaying One karena caranya bergerak dalam pertempuran. Sementara tombak biasa terbang dalam garis yang relatif lurus, Gungnir bergerak dan berputar.

Tidak peduli bagaimana itu dilempar, Gungnir akan berputar sendiri sehingga mengenai apa pun, atau siapa pun, yang dituju Odin dalam mitologi Nordik.

Selain sifat magisnya, Gungnir juga dikatakan sangat seimbang. Hal ini semakin meningkatkan kemampuan Odin untuk mencapai target apa pun.

Seperti segala sesuatu dalam mitologi Nordik, Gungnir adalah simbolisme dari beberapa hal. Pertama dan terpenting, itu adalah identifikasi Odin. .

Nama Gungnir, diucapkan sebagai GUNG-neer, berarti 'Yang Bergoyang'. Arti ini berasal dari hubungannya dengan kata Gungre, kata kerja Denmark yang berarti 'gemetar'.

Arti ini ironis mengingat ketika Gungnir dilempar ia terbang lurus tanpa meleset dari sasarannya. Namun maknanya dimaksudkan untuk melambangkan, Gungnir sebagai ciri khas perang Odin. Dengan itu, Odin menanamkan rasa takut pada musuh-musuhnya dan dia mengayunkan mereka sesuai keinginannya. 

Tombak itu juga memiliki nama lain termasuk, 'The Spear of Meteor'. Diberi nama ini karena menyerupai meteor yang berkobar ketika dilemparkan melintasi langit. Karena legenda mengatakan bahwa setiap sumpah yang dibuat pada Gungnir pasti akan menjadi kenyataan, beberapa orang percaya bahwa dari sinilah ide berharap pada bintang jatuh berasal.

Dalam mitologi Nordik, para kurcaci dikatakan sebagai pengrajin terkenal yang membuat benda-benda mistis yang digunakan oleh para dewa. Seperti semua benda lainnya, mereka dikatakan telah membuat Gungnir khusus untuk Odin setelah ditugaskan oleh Loki.

Perjalanan dimulai ketika Loki memotong rambut emas panjang indah Sif, tanpa izinnya. Sif adalah istri Thor dan keduanya marah pada Loki atas apa yang dia lakukan.

Setelah diancam oleh Thor, Loki terpaksa melakukan perjalanan ke alam para kurcaci untuk mencari pengganti rambut Sif. Di sana Loki bertemu dengan empat kurcaci. Dua adalah putra dari kurcaci terkenal Ivaldi, dua lainnya bersaudara bernama Sindri dan Brokrr.