Mengenal Histori dan Karakteristik Masyarakat Pesisir Cirebon

By Galih Pranata, Kamis, 17 Agustus 2023 | 07:00 WIB
Salah satu pemandangan Pelabuhan Cirebon. Kehidupan masyarakat pesisir Cirebon memiliki riwayat panjang sebagai persinggahan pedagang asing. (Zulkifli/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Konon, masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah pesisir di Indonesia memiliki tipikal masyarakat dengan kecenderungan wataknya yang keras dan terbuka. Lantas benarkah demikian?

Pada umumnya masyarakat yang hidup di daerah pantai biasa disebut sebagai masyarakat pesisir. Sebagai masyarakat pesisir yang hidup dekat dengan wilayah perairan, kebanyakan dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. 

"Masyarakat pesisir biasanya bermukim di daerah dekat dengan wilayah pesisir atau pantai, pemukiman ini identik dengan istilah kampung nelayan," tulis Achmad Fama. Ia menulis pada jurnal Sabda, berjudul Komunitas Masyarakat Pesisir di Tambak Lorok, Semarang, terbit pada 2016.

Permukiman nelayan adalah perkampungan yang mendiami daerah kepulauan, sepanjang pesisir termasuk danau dan sepanjang aliran sungai. "Kampung - kampung di pesisir seperti kampung nelayan sangat potensial menjadi daerah yang kumuh, dengan masyarakat yang mayoritas adalah masyarakat miskin," tambahnya. 

Penduduk di kampung nelayan tidak seluruhnya menggantungkan hidup dari kegiatan menangkap ikan, akan tetapi masih ada bidang lain, seperti usaha pariwisata bahari, pengangkutan antar pulau, pedagang perantara atau eceran hasil tangkapan nelayan, dan usaha-usaha lainnya yang berhubungan dengan laut dan pesisir.

Secara sosial budaya dijelaskan bahwa masyarakat pesisir tersebut memiliki ciri-ciri yang saling terkait antara satu dengan yang lain. "Utamanya, karakteristik masyarakat pesisir pada umumnya memiliki watak keras dan bersifat terbuka," tulis Fama.

"Terdapat interaksi sosial yang intensif antara warga masyarakat, yang ditandai dengan efektifnya komunikasi tatap muka, sehingga terjadi hubungan yang sangat erat antara satu dan lainnya," lanjutnya.

Hal tersebut membangun hubungan kekeluargaan yang berdasarkan atas rasa simpati dan bukan berdasarkan kepada pertimbangan rasional yang berorientasi kepada untung dan rugi.

Selain itu, menurut Arif Satria dalam bukunya Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir, diterbitkan pada tahun 2002. Bukunya menjelaskan bahwa, nelayan bergelut dengan laut untuk mendapatkan penghasilan, maka pendapatan yang mereka inginkan tidak bisa dikontrol.

"Sejak berabad-abad silam, kota-kota di pesisir Jawa telah memiliki riwayat persinggungan dengan budaya para pedagang beragam bangsa," tambahnya. Banyaknya kota pelabuhan menjadikan wilayah-wilayah pesisir sebagai kota yang terbuka.

"Bertemunya dan berinteraksinya dengan masyarakat baru yang datang dari wilayah lain, secara tidak sadar membangun antisipasi diri sekaligus juga melahirkan watak keras dalam diri masyarakat pesisir," imbuhnya.

"Di sisi lain, nelayan menghadapi sumber daya yang bersifat open acces dan beresiko tinggi. Hal tersebut menyebabkan masyarakat pesisir sepeti nelayan memiliki karakter yang tegas, keras, dan terbuka," pungkas Satria.