Gigantes, Ras Raksasa Lahir dari Tetesan Darah di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 12 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Gigantes adalah raksasa dari mitologi Yunani kuno. (Theoi)

Nationalgeographic.co.id – Gigantes adalah ras raksasa yang lahir dari pertempuran antara Uranus dan Kronos dari mitologi Yunani kuno. Mereka adalah prajurit yang memegang perisai dan tombak besar dan mengenakan baju zirah primitif yang berkilauan yang terbuat dari kulit binatang.

Dari segi penampilan mereka, Gigantes terlihat seperti manusia, tetapi berukuran sangat besar dan tampak liar. Alih-alih memiliki kaki seperti manusia, kaki mereka terdiri dari banyak ular.

Hal yang menambah penampilan menakutkan mereka adalah rambut dan janggut mereka: liar, panjang, dan tidak terawat. Berbeda dengan para dewa, Gigantes adalah makhluk fana dan dapat dibunuh oleh yang abadi dan yang fana.

Kronos sangat ingin menggulingkan ayahnya, Uranus, membebaskan saudara-saudaranya, dan memastikan tidak akan pernah ada lagi anak yang lahir dari sang ayah yang kini menjadi monster.

Menggunakan sabit yang terbuat dari batu yang diberikan kepadanya, Kronos mengebiri ayahnya. Saat buah zakar dan darahnya tumpah ke laut, mereka bercampur dengan air yang berputar-putar.

Dari setiap tetes darah, anggota baru keluarga Gigantes muncul, mengerikan dan suka berperang dan lebih besar dari manusia mana pun yang pernah hidup di bumi.

Gigantes adalah makhluk dengan asal usul yang saleh, tetapi tidak memiliki ibu yang spesifik dalam mitologi Yunani kuno. Mereka dianggap sebagai "keturunan bumi", karena mereka berasal dari percampuran darah Uranus dan bumi di tepi laut. 

Gigantes bukanlah satu-satunya makhluk yang bangkit dari darah; Erinyes (Kemurkaan) dan Meliai (peri pohon) juga lahir dari pengebirian Uranus.

Gigantes, meskipun mereka berasal dari darah Uranus adalah makhluk yang sombong dan kurang ajar yang berlebihan, murka, dan kejam. Mereka adalah personifikasi utama dari keangkuhan, yang pada akhirnya akan menjadi kehancuran mereka.

Gigantes menderita hukuman dari para dewa atas perbuatan mereka terhadap manusia dan makhluk abadi. Meskipun mereka tidak secara langsung dilahirkan dari ibu dan ayah, ada beberapa dewa yang akan berusaha melindungi para Gigantes dari bahaya seolah-olah mereka adalah anak mereka sendiri.

Akan tetapi mereka semua pada akhirnya akan dikalahkan dan dibunuh dengan bantuan putra Zeus yang fana, dan upaya para dewa lainnya juga.

Gigantomachy