Misteri Lokasi Makam Genghis Khan, Tokoh Sohor dalam Sejarah Dunia

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 08:00 WIB
Genghis Khan adalah tokoh terkenal dalam sejarah dunia. Ribuan tahun berlalu setelah kematiannya, lokasi makamnya masih menjadi misteri. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Genghis Khan adalah salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah dunia. Ia adalah pendiri dan Khan Agung pertama dari Kekaisaran Mongol. Di masanya, Kekaisaran Mongol memiliki wilayah kekuasaan yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Laut Kaspia.

Genghis Khan menyatukan banyak suku nomaden di Asia Timur Laut dan dinyatakan sebagai penguasa universal bangsa Mongol. Saat itu, sang Khan Agung meluncurkan invasi Mongol yang membuatnya berhasil menaklukkan sebagian besar Eurasia.

Penyebab kematiannya yang menjadi misteri. Tidak hanya itu, bahkan lokasi makam sang penguasa itu pun menjadi teka-teki yang belum terpecahkan hingga kini.

Genghis Khan kemungkinan besar meninggal setelah terjatuh dari kuda. Selain itu, ada kemungkinan luka yang dideritanya dalam pertempuran juga menjadi penyebab sang Khan meninggal.

Sesuai dengan adat sukunya, ia minta dimakamkan secara rahasia.

Legenda mengatakan bahwa pasukannya yang berduka membawa tubuhnya pulang ke Mongolia. Pasukannya membunuh siapa pun yang ditemuinya di sepanjang jalan untuk menyembunyikan rute. Kemudian, mereka bunuh diri untuk menyembunyikan sepenuhnya rahasia tempat peristirahatan terakhir penguasa kesohor dalam sejarah dunia itu.

Saat dia dimakamkan, tentara menunggangi 1.000 kuda di atas tanah untuk menyembunyikan jejak makam.

Hebatnya, dalam 800 tahun sejak itu, tidak ada yang berhasil menemukan makam Genghis Khan. Lokasinya tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam sejarah dunia yang belum terpecahkan.

Melacak makam Genghis Khan, penguasa kesohor dalam sejarah dunia

“Ada banyak legenda tentang di mana makam Genghis Khan berada,” tulis Lucy Davidson di laman History Hit. Seseorang menyatakan bahwa sebuah sungai dialihkan ke makamnya agar tidak mungkin ditemukan.

Yang lain menyatakan bahwa itu terkubur di suatu tempat yang memiliki tanah beku abadi agar tidak bisa ditembus selamanya. Klaim lain menyatakan bahwa peti matinya sudah kosong saat rombongannya tiba di Mongolia.

Karena itu, banyak spekulasi yang muncul di antara para sejarawan dan pemburu harta karun. Makam Genghis Khan dipercaya berisi harta karun dari seluruh Kekaisaran Mongol. Selain itu, penemuan makam bisa memberikan wawasan yang menarik tentang manusia dan dunia di sekitarnya di masa lalu.