Solusi Polusi Mikroplastik Pesisir & Laut: Tumbuhan Mungkin Jawabannya

By Wawan Setiawan, Sabtu, 9 September 2023 | 08:00 WIB
Potongan mikroplastik berwarna cerah merusak salah satu dari 27 pulau di rangkaian pulau Cocos Keeling. Sebagian besar plastik tersembunyi di bawah pasir. Matahari memecah sampah plastik, dan potongan-potongan kecilnya terkubur di pasir. (Jennifer Lavers)

Nationalgeographic.co.id—Sebagian besar sampah berakhir di tempat pembuangan sampah, yang membutuhkan waktu hingga 1.000 tahun untuk terurai, sehingga berpotensi melepaskan zat beracun ke dalam tanah dan air.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa dampak mikroplastik pada tanah, sedimen, dan air tawar dapat menimbulkan dampak negatif jangka panjang terhadap ekosistem tersebut.

Jutaan ton plastik yang beredar di lautan dunia telah menarik banyak perhatian media baru-baru ini. Sampah plastik begitu mudah ditemukan di kawasan pesisir. Namun polusi plastik bisa dibilang menimbulkan ancaman yang lebih besar terhadap tanaman dan hewan, termasuk manusia, yang hidup di daratan.

Di saat kita bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengatasi pencemaran pesisir dan laut? 

Seperti yang ditemukan oleh para ilmuwan di BioProducts Institute UBC yang menemukan bahwa jika Anda menambahkan tanin—senyawa tumbuhan alami yang membuat mulut Anda mengerut jika Anda menggigit buah mentah—ke lapisan debu kayu, maka Anda dapat membuat filter yang menjebak hampir semua partikel mikroplastik yang ada di air.

Temuan studi ini telah dipublikasikan di jurnal Advanced Materials pada 6 Juni 2023 berjudul "Flowthrough Capture of Microplastics through Polyphenol-Mediated Interfacial Interactions on Wood Sawdust."

“Mikroplastik adalah potongan kecil sampah plastik yang dihasilkan dari penguraian produk konsumen dan limbah industri. Menjauhkan mereka dari pasokan air merupakan sebuah tantangan besar,” kata Dr. Orlando Rojas, direktur ilmiah institut tersebut dan Ketua Penelitian Canada Excellence di bidang Bioproduk Hutan.

Peneliti UBC Dr. Tianyu Guo adalah bagian dari tim yang mengembangkan filter berbasis debu kayu untuk menghilangkan mikroplastik dari air. (UBC Forestry/Jillian van der Geest)

“Sebagian besar solusi yang diusulkan sejauh ini mahal atau sulit untuk ditingkatkan. Kami mengusulkan solusi yang berpotensi dapat diperkecil untuk digunakan di rumah atau ditingkatkan untuk sistem pengolahan perkotaan."

"Filter kami, tidak seperti filter plastik, tidak berkontribusi terhadap polusi lebih lanjut karena menggunakan bahan terbarukan dan dapat terurai secara hayati: asam tanat dari tanaman, kulit kayu, kayu dan daun, serta serbuk gergaji kayu—produk sampingan kehutanan yang tersedia secara luas dan terbarukan," jelasnya.

Meskipun percobaan ini masih dalam tahap persiapan laboratorium, tim yakin bahwa solusi tersebut dapat ditingkatkan dengan mudah dan murah setelah mereka menemukan mitra industri yang tepat.

Untuk penelitian mereka, tim menganalisis mikropartikel yang dilepaskan dari kantong teh populer yang terbuat dari polipropilen. Mereka menemukan bahwa metode mereka (mereka menyebutnya "bioCap") menjebak 95,2 persen hingga 99,9 persen partikel plastik dalam kolom air, bergantung pada jenis plastiknya. Saat diuji pada model tikus, proses tersebut terbukti mencegah penumpukan mikroplastik di organ.