Inilah Jord, Ibu Sejati Thor Turunan Raksasa di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 07:15 WIB
Jord adalah ibu dari dewa Thor dalam mitologi Nordik (Bavi power)

 

Nationalgeographic.co.id—Jord adalah ibu dari dewa Thor dalam mitologi Nordik. Dia paling sering digambarkan sebagai jotunn atau jotnar yang artinya raksasa wanita. Istilah ini, tidak menunjukkan ukuran atau watak dalam mitologi Nordik.

Jotunn atau jotnar adalah ras yang memiliki kekuatan setara dengan dewa dalam mitologi Nordik. Banyak wanita jotnar menikahi dewa Aesir atau melahirkan anak mereka. Hubungan ini umum dan normal, memperjelas bahwa hanya ada sedikit perbedaan antara wanita dari kedua ras.

Sementara banyak dewa dan anggota keluarga mereka jarang disebutkan dalam sumber-sumber Nordik yang masih hidup, ibu Thor terbukti dengan baik. 

Namanya Jord dan dia umumnya diidentifikasi sebagai raksasa wanita. Meskipun tidak ada detail yang bertahan dari hubungan mereka, pada suatu saat dia dipasangkan dengan Odin dan mereka melahirkan seorang putra yang paling terkenal.

Terlepas dari hubungan yang menonjol ini, Jord tidak pernah muncul sebagai karakter dengan haknya sendiri. Namun, beberapa sejarawan masih melihat alasan untuk percaya bahwa Jord pernah menjadi tokoh terkemuka dalam mitologi sebelumnya.

Sementara kisah pribadinya telah hilang, arti namanya dan identitas putranya membuat beberapa orang berteori bahwa Jord mungkin pernah menjadi ibu dewi utama agama Jermanik. 

Didukung oleh fakta bahwa Jord juga muncul di beberapa daftar dewi. Meskipun dia adalah seorang raksasa wanita, tidak ada yang aneh dalam perannya.

Tidak ada mitos bertahan hidup yang menceritakan bagaimana Jord dan Odin menjadi orang tua Thor. Tidak seperti orang Yunani dan Romawi, orang Nordik tidak banyak menulis tentang hubungan pribadi dan drama dewa mereka.

Meskipun Odin menikah dengan Frigg dalam mitologi Nordik, pada suatu saat dia memiliki setidaknya satu anak dengan Jord. Anak tersebut adalah Thor, dewa guntur yang kuat dan populer dalam mitologi Nordik.

Nama Jord adalah salah satu yang paling terbukti dalam mitologi Nordik. Thor sering disebut "anak Jord" dan dia terdaftar bersama ibu-ibu lain dari anak laki-laki Odin sebagai salah satu saingan Frigg.

Dia juga memiliki perbedaan karena memiliki garis keturunan keluarga yang jelas yang diberikan setidaknya dalam satu sumber. Banyak karakter dalam mitologi Norse, bahkan dewa yang lebih menonjol, tidak memiliki catatan seperti itu.

Menurut Prosa Edda, seorang raksasa wanita yang namanya berarti "Malam" adalah ibu Jord. Ayahnya adalah suami kedua raksasa wanita ini dan kakeknya, ayah Night, adalah Narfi.