Hodr, Dewa Buta Bunuh Saudara Sendiri Ditipu Loki di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 21 Agustus 2023 | 14:00 WIB
Hodr adalah dewa buta yang secara tidak sengaja membunuh saudaranya, Baldur dalam mitologi Nordik. (Mike Raabe)

Nationalgeographic.co.id—Hodr dikenal sebagai dewa buta yang secara tidak sengaja membunuh saudaranya, Baldur dalam mitologi Nordik karena ditipu oleh Loki. Hodr adalah salah satu dari dua putra Odin dan Frigg.

Saudaranya Baldur sering digambarkan sebagai salah satu dewa yang paling dicintai dan populer dalam mitologi Nordik. Berbeda dengan Hodr yang sepertinya tidak pernah memiliki pengikut sekte atau sangat dicintai oleh segmen masyarakat mana pun.

Faktanya, salah satu puisi mengatakan bahwa orang-orang berharap untuk tidak pernah mendengar namanya atau memiliki alasan untuk membicarakannya. Hal ini karena keterlibatannya dalam salah satu kisah paling tragis dalam mitologi Nordik.

Akibat tipu muslihat Loki yang paling kejam, Hodr menembakkan panah yang menewaskan saudara tercintanya, Baldur. 

Hodr dicerca karena tindakan ini. Ayahnya Odin bahkan memiliki anak laki-laki lain yang tujuannya hanya untuk membalaskan dendam Baldur dengan membunuh Hodr.

Namun, para sejarawan telah memperhatikan ketidakberesan dalam catatan populer ini. Beberapa berpendapat bahwa penggambaran umum Hodr mungkin, pada kenyataannya, merupakan kesalahpahaman dari gambar simbolik.

Odin sebagai bapak dari segala dewa seharusnya menjadikan Hodr dewa yang menonjol. Namun, sumber yang bertahan hanya menyebut Hodr sehubungan dengan satu cerita.

Kematian Baldur, saudara laki-laki yang sangat dicintai Hodr, telah diramalkan sebagai bagian dari ramalan seputar Ragnarok. Frigg dan Odin sangat ingin mencegah hal ini terjadi.

Frigg melewati semua Sembilan Dunia dan meminta semua yang dia temukan untuk bersumpah tidak akan pernah menyakiti Baldur. Setiap makhluk, tumbuhan, logam, dan elemen berjanji padanya bahwa mereka tidak akan menyakiti putranya.

Frigg lupa untuk menanyakan semak mistletoe. Ketika dia menyadari kesalahannya, dia tidak terlalu memikirkannya karena dia tidak dapat membayangkan tanaman sekecil itu menimbulkan bahaya yang nyata.

Namun, ketika Loki mengetahui hal ini, dia segera menyadari bahwa pengawasan itu bisa jadi signifikan. Karena Baldur tidak bisa dilukai oleh apapun, para dewa telah menciptakan permainan baru. Mereka melemparkan senjata dan batu ke arahnya dan tertawa saat mereka berbelok di sekelilingnya di udara.

Hodr tidak bisa ikut serta dalam permainan tersebut. Dia buta, jadi dia tidak bisa melihat untuk mengarahkan senjata ke arah saudaranya. Dikecualikan dari olahraga, dia senang ketika Loki menawarkan untuk membantunya.