Perseus, Manusia Setengah Dewa Anak dari Zeus di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 27 Agustus 2023 | 09:00 WIB
Perseus adalah pahlawan dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

 

Nationalgeographic.co.id – Perseus adalah pahlawan dalam mitologi Yunani kuno. Kehidupan Perseus ditandai dengan petualangan luar biasa, termasuk pemenggalan kepala Medusa, menyelamatkan putri Andromeda dan mendirikan kota Mycenae dan Dinasti Perseid.

Diusir dari Argos sebelum ia dilahirkan karena ramalan buruk, Perseus dibesarkan di sebuah pulau terpencil. Ketika dia sudah dewasa, dia dikirim untuk membunuh Gorgon Medusa, monster yang tatapannya mengubah semua orang yang memandangnya menjadi batu. Kemudian, saat melewati Etiopia, Perseus menyelamatkan putri Andromeda dari monster laut dan menjadikannya istrinya.

Di akhir petualangannya, Perseus menjadi penguasa Mycenae dan mendirikan dinasti penting “Perseids". Orang-orang Yunani dari Argolid menghormati Perseus sebagai salah satu pahlawan leluhur mereka yang paling penting.

Bagaimana Perseus Dilahirkan?

Kisah Perseus dimulai dengan sebuah ramalan yang menentukan jalan hidupnya yang luar biasa. Raja Acrisius dari Argos, yang merasa terganggu dengan ramalan bahwa putra putrinya suatu hari akan membunuhnya, mengambil tindakan untuk mencegah nasib ini.

Dia memenjarakan putrinya Danaë di kamar perunggu, berharap menjauhkannya dari calon pelamar. Namun, Zeus, raja para dewa, tertarik pada kecantikan Danaë dan mengunjunginya dalam bentuk pancuran emas. Dari kesatuan ketuhanan inilah lahirlah Perseus.

Ketakutan dan keputusasaan Acrisius bertambah seiring dengan kelahiran cucunya. Tidak dapat membunuh anak itu secara langsung karena takut akan pembalasan Ilahi, dia malah menempatkan Danaë dan bayi Perseus di dalam peti kayu dan melemparkan mereka ke laut.

Dalam mitologi Yunani, dikisahkan peti itu melayang ke pulau Seriphos, tempat seorang nelayan bernama Dictys menemukannya. Dia dan istrinya mengasuh Danaë dan Perseus, membesarkan pahlawan muda itu dalam lingkungan yang rendah hati dan penuh kasih sayang. 

Pencarian untuk Menemukan Medusa

Pencarian untuk membunuh Medusa, salah satu dari tiga saudara perempuan Gorgon, mungkin merupakan kisah paling terkenal dalam mitologi Yunani.

Petualangan ini dimulai ketika Raja Polydectes dari Seriphos, yang ingin menikahi ibu Perseus, Danaë, menyusun rencana untuk melepaskan diri dari pahlawan muda tersebut.

Dia mengirim Perseus dalam misi yang tampaknya mustahil untuk mengambil kepala Medusa, makhluk yang sangat menakutkan sehingga hanya dengan pandangan sekilas saja bisa mengubah manusia menjadi batu.