Inilah Frigg, Istri Odin Dewi Paling Kuat dalam Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 29 Agustus 2023 | 07:00 WIB
Frigg adalah istri Odin dalam mitologi Nordik. (Mythus Fandom)

Nationalgeographic.co.idFrigg adalah istri Odin dalam mitologi Nordik. Dia sering digambarkan sebagai Ratu Aesir, dewi langit, kesuburan, rumah tangga, keibuan, cinta, pernikahan, dan seni rumah tangga.

Beberapa domain ini juga diawasi oleh dewi Nordik lainnya bernama Freyja. Dalam mitologi Nordik, peran utama Frigg adalah peran keluarga, sebagian besar meliputi suami dan anak-anaknya.

Banyak sejarawan percaya bahwa Frigg mungkin berasal dari dewi Jerman yang sama. Meskipun tidak ada bukti kuat untuk membuktikan hipotesis tersebut, terdapat banyak kesamaan, seperti ciri mitologis dan nama mereka, serta lokasi yang terkait dengan keduanya.

Apakah Frigg memiliki hubungan dengan jenis mitologi lain atau tidak, yang jelas dia memainkan peran yang sangat penting dalam mitologi Nordik.

Representasi mitis Frigg berfokus pada kehidupan keluarganya. Meskipun dia sangat diberkati, dia juga menghadapi sakit hati yang parah, yang pada akhirnya akan menjadi warisannya.

Mitos seputar Frigg dan perannya sebagai seorang ibu adalah yang paling terkenal. Dia melahirkan seorang putra bernama Balder, yang menjadi terang dalam hidupnya.

Seluruh dunia tampak bersukacita ketika dia lahir dan dia berdedikasi untuk membantu putranya tumbuh. Dia juga sangat protektif. Naluri ini semakin kuat ketika Balder mendapat mimpi yang meramalkan kematiannya sendiri.

Frigg berkeliling ke setiap makhluk hidup di seluruh dunia dan meminta agar putranya tidak disakiti. Dia tidak dapat meminta perlindungan dari mistletoe, yang pada saat itu tampak tidak penting.

Seiring berjalannya waktu, para dewa membuat permainan yang melibatkan Balder. Mereka akan melemparkan apa pun yang mereka temukan ke arahnya dan melihat benda-benda itu memantul padanya, tidak pernah menyebabkan memar atau goresan sederhana. Balder tidak pernah terluka, tidak peduli ukuran atau berat barangnya.

Hiburan ini berlanjut hingga suatu hari Loki memberikan anak panah yang terbuat dari mistletoe kepada Hoor, saudara kembar Balder, yang juga buta. Loki memberi tahu Hoor bahwa dia akan membantunya memainkan permainan itu dengan Balder.

Dengan bantuan Loki, Hoor melemparkan anak panah itu ke arah saudaranya. Alih-alih memantul seperti makhluk hidup lainnya di bumi, benda itu malah menusuk jantungnya dan membunuhnya seketika.

Ketika Frigg mendengar kematian putranya, dia terjatuh ke tanah karena putus asa. Setelah keterkejutan awal, dia mulai bekerja mencoba mengubah nasib Balder.