Incubus, Iblis yang Gemar Merudapaksa di Mitologi Abad Pertengahan

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 30 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Incubus adalah iblis berwujud laki-laki yang berupaya melakukan hubungan seksual dengan wanita yang sedang tidur. (Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id—Incubus adalah iblis berwujud laki-laki yang berupaya melakukan hubungan seksual dengan wanita yang sedang tidur. Dia juga dikenal sebagai makhluk mitologi dari Abad Pertengahan yakni ruh yang bersesuaian dalam wujud perempuan disebut succubus. 

Di Eropa abad pertengahan, persatuan dengan incubus dianggap oleh beberapa orang akan mengakibatkan lahirnya penyihir, setan, dan keturunan manusia yang cacat.

Makhluk-makhluk ini mungkin tampak menggelikan, namun sebenarnya cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan atau bahkan kematian.

Kata incubus berasal dari bahasa Latin incubus yang berarti mimpi buruk dan incubare atau berbaring, menimbang, merenung. Dalam penggunaan psikologi modern, istilah ini diterapkan pada jenis mimpi buruk yang memberikan perasaan beban berat atau tekanan pada dada dan perut.

Seperti banyak penjahat makhluk mitologi, Incubus telah menjadi terkenal dalam beberapa dekade terakhir. Saat ini, dalam penggambaran modern mereka tampil sebagai pria muda dengan otot yang tergores sempurna, sayap yang kuat, dan ekor yang panjang dan menarik—tetapi di masa lalu, monster malam ini sama sekali tidak menarik. 

Incubus asli adalah makhluk mitologi berukuran kecil dengan wajah seperti monyet. Biasanya memiliki kulit atau bulu berwarna gelap, cakar, tanduk, dan sayap seperti kelelawar.

Saat mereka tidak terbang melewati tengah malam, mereka merangkak, memanjat, dan duduk dalam posisi membungkuk. Tidak mengherankan, mereka juga memiliki alat kelamin yang berlebihan.

Kepribadian Incubus sebagai Makhluk Mitologi Abad Pertengahan

Incubus terkenal karena nafsunya yang tak terpuaskan. Iblis-iblis ini sangat tergila-gila pada seks sehingga pasangan manusianya bisa mati kelelahan setelah terlalu banyak kencan di tengah malam. 

Incubus juga bisa membuat korban mengalami kekerasan. Banyak penggambaran bahwa setan-setan itu duduk di dada atau menutup mulut mereka (para wanita yang menjadi korban), sehingga mereka tidak bisa bernapas.

Saat Incubus datang untuk menemui seorang wanita, dia mungkin membuatnya kesurupan, sehingga dia tidak bisa bangun, atau melumpuhkannya sepenuhnya sehingga dia bahkan tidak bisa berteriak minta tolong.

Selama pertemuan tersebut, Incubus mungkin mencoba menghamili wanita tersebut. Menariknya, Incubus sendiri tidak mampu bereproduksi sehingga menggunakan sperma yang dikumpulkan dari manusia laki-laki.