Sejarah Perang Salib: Kisah Raja Richard yang Terlalu Sibuk Berperang

By Ricky Jenihansen, Jumat, 1 September 2023 | 12:00 WIB
Patung Raja Richard I dari Inggris (memerintah 1189-1199), ia dikenal dalam sejarah Perang Salib ketiga. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.idRaja Richard I dari Inggris sangat terkenal dalam sejarah Perang Salib, dikenal sebagai Richard the Lionheart. Ia memerintah sebagai raja Inggris dari tahun 1189 hingg 1199 M dan terlibat dalam sejarah Perang Salib ketiga.

Raja Richard I adalah Putra Henry II dari Inggris (memerintah 1154-1189 M) dan Eleanor dari Aquitaine (1122-1204 M).

Raja Richard dikenal karena keberaniannya dalam peperangan, namun ia menjadi terlalu sibuk berperang dalam sejarah Perang Salib ketiga (1189 –1192 M). Ia bahkan hanya akan menghabiskan enam bulan masa pemerintahannya di Inggris.

Meski Raja Inggris, Raja Richard tidak dikenal karena kepemimpinannya di pemerintahan. Ia justru terkenal karena kepemimpinan militernya dan pendekatan peperangan sebagai raja yang kejam.

Oleh karena itu, Richard the Lionheart telah menjadi salah satu tokoh raja yang kejam dalam sejarah Eropa. Simbol lambang tiga singa miliknya masih digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris hingga saat ini.

Setelah kematiannya dalam pertempuran di Chalus di Perancis, Richard digantikan oleh adiknya Raja John dari Inggris (memerintah 1199-1216 M).

Kehidupan Awal & SuksesiRichard lahir pada tanggal 8 September 1157 M di Istana Beaumont, Oxford, sebagai putra ketiga Raja Henry II dari Inggris dan Eleanor dari Aquitaine, mantan istri Raja Louis VII dari Prancis (memerintah 1137-1180 M).

Pendidikan Richard melibatkan banyak literatur abad pertengahan yang bersifat kesatria berkat minat ibunya pada subjek tersebut.

Puisi adalah hobi favorit lainnya dan raja menyusun puisinya sendiri dalam bahasa Prancis dan Occitan, dialek Prancis yang biasa digunakan dalam roman.

Pangeran muda ini konon adalah seorang pria jangkung, bermata biru, tampan dengan rambut pirang kemerahan dan dia terkenal karena keberanian dan raja yang kejam.

Raja Richard adalah periode hubungan yang bermasalah dan rumit antara Inggris dan Prancis, dan Raja Richard, terlibat dalam dua pemberontakan melawan ayahnya dengan keluarganya menjadi penyebab utama.

Upaya pertama untuk menggulingkan raja terjadi pada tahun 1173 M ketika Richard, saudara-saudaranya Henry dan Geoffrey, Pangeran Brittany (lahir 1158 M), dan William sang Singa dari Skotlandia (memerintah 1165-1214 M) semuanya bersekongkol.