Sejarah Peradaban Inca: Bagaimana Bangsa Inca Membangun Kekaisaran?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 2 September 2023 | 23:01 WIB
Sejarah peradaban Inca membentang di sepanjang Pegunungan Andes, meluas ke seluruh wilayah Amerika Selatan. (University of New Mexico)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Inca berhasil membangun sejarah peradaban Inca yang membentang di sepanjang Pegunungan Andes, meluas ke seluruh wilayah Amerika Selatan. Tapi bagaimana Bangsa Inca memiliki adaptasi spektakuler terhadap lanskap alam dan membangun kekaisaran?

Menurut Wolrd History Encyclopedia, Bangsa Inca menyimpan daftar raja-raja mereka yang disebut Sapa Inca. Dari situ para ahli dapat memahami Sejarah Peradaban Inca.

Kita dapat mengetahui nama-nama seperti Pachacuti Inca Yupanqui (memerintah sekitar 1438-63 M), Thupa Inca Yupanqui (memerintah sekitar 1471-93 M), dan Wayna Qhapaq, penguasa pra-Hispanik terakhir yang memerintah sekitar tahun 1493-1525 M.

Ada kemungkinan bahwa dua raja memerintah pada waktu yang sama dan ratu mungkin mempunyai kekuasaan yang signifikan. Namun catatan Spanyol tidak jelas mengenai kedua hal tersebut.

Sapa Inca adalah penguasa absolut, dan dia menjalani kehidupan yang sangat mewah, menurut catatan sejarah Peradaban Inca. Minum dari cangkir emas dan perak, memakai sepatu perak, dan tinggal di istana yang dilengkapi dengan tekstil terbaik, dia dimanjakan secara ekstrem.

Dia bahkan dirawat setelah kematiannya, saat suku Inca membuat mumi penguasa mereka. Mumi-mumi para penguasa ini disimpan di kuil Coricancha di Cuzco, yang merupakan ibu kota Kekaisaran Inca.

Dalam upacara yang sangat istimewa, mumi-mumi (mallquis) ini dibawa keluar dari penyimpanannya secara teratur. Mereka dihias pakaian terbaik dan diberi persembahan makanan dan minuman.

Tidak hanya itu, mumi-mumi penguasa juga memiliki otoritas spiritual atau simbolis yang penting dalam pengambilan keputusan politik dan agama Bangsa Inca.

Pemerintahan Inca, seperti halnya arsitektur mereka, didasarkan pada unit-unit yang terkotak-kotak dan saling terkait. Di puncaknya adalah penguasa dan sepuluh kelompok bangsawan yang disebut panaqa.

Baris berikutnya adalah sepuluh kelompok kerabat lainnya, yang memiliki hubungan lebih jauh dengan raja. Kemudian setelahnya ada kelompok bangsawan ketiga yang bukan berdarah Inca tetapi menjadikan Inca sebagai suatu keistimewaan.

Di bagian bawah aparatur negara terdapat administrator yang direkrut secara lokal. Mereka bertugas mengawasi permukiman dan unit populasi terkecil di Andes, ayllu, yang merupakan kumpulan rumah tangga.

Biasanya keluarga berkerabat yang menggarap sebidang tanah, tinggal bersama dan saling memberi dukungan pada saat dibutuhkan.