Daftar Kekejian Ivan the Terrible, Tsar Pertama dalam Sejarah Rusia

By Sysilia Tanhati, Selasa, 5 September 2023 | 09:00 WIB
Sebagai tsar pertama dalam sejarah Rusia, Ivan IV Vasilyevich dikenang sebagai pemimpin yang brutal. Kekejiannya membuatnya diberi julukan Ivan the Terrible. (Alexander Litovchenko/Russian Museum)

Nationalgeographic.co.id—Ivan IV Vasilyevich merupakan tsar pertama dalam sejarah Rusia. Alih-alih dikenang sebagai pemimpin yang baik, ia justru dijuluki sebagai Ivan the Terrible. Julukan “yang mengerikan” disematkan pada namanya bukan tanpa alasan.

Semasa hidupnya, Ivan melakukan serentetan perbuatan keji dan brutal yang terus dikenang dalam sejarah Rusia. Berikut daftarnya.

Ivan the Terrible memukuli putranya sampai mati

Salah satu kekejian tsar pertama dalam sejarah Rusia yang paling terkenal adalah memukuli putranya sampai mati. Yang mendorong Ivan untuk memukuli putranya adalah karena pertanyaan sang putra.

Putranya mempertanyakan tindakan ayahnya memukuli istrinya yang sedang hamil. Pertanyaan itu dianggap sebagai tanda ketidaksetiaan putranya. Ia pun murka dan menjadi sangat marah.

“Ivan memukuli putranya dengan tongkat yang biasa digunakan untuk menghukum para pelayan,” tulis James Keating di laman The Collector.

Serangan itu memecahkan tengkorak putranya dan pukulan itu akhirnya membunuhnya. Berbeda dengan tindakan kekerasan tanpa belas kasihan yang sering dilakukannya, ia diduga sangat menyesali hal ini.

Penghinaan terhadap Uskup Agung Pimen

Pimen adalah uskup agung Novgorod dan, pada suatu waktu, merupakan sekutu dekat Ivan. Pada tahun 1569, kota-kota di barat laut, terutama Novgorod, berencana membelot ke Polandia. Ivan diduga tidak tertarik dengan gagasan ini dan berbaris ke kota pada tanggal 8 Januari 1570.

Setelah Pimen ditangkap, Ivan mengambil topi biara Pimen dan “menikahi” uskup agung yang dipermalukan itu dengan seekor kuda betina. Sang uskup kemudian dipaksa menunggangi kuda betina melewati kota ditemani oleh para pelawak.

Ironisnya, Pimen sendiri pernah menjadi pendukung kebijakan tangan besi Ivan. Kebijakan yang sama akhirnya menyebabkan Pimen meninggal di penjara pada tahun 1571.

Ivan the Terrible memiliki delapan pernikahan yang Gagal