Mengapa Aleksander Agung Menginvasi Kekaisaran Persia Akhemeniyah?

By Sysilia Tanhati, Jumat, 15 September 2023 | 12:00 WIB
Aleksander Agung menginvasi Kekaisaran Persia Akhemeniyah. Apa yang mendorongnya untuk menaklukkan Persia? (Charles Le Brun)

Nationalgeographic.co.id—Aleksander dari Makedonia, lebih dikenal sebagai Aleksander Agung, adalah salah satu penakluk paling terkenal dalam sejarah dunia. Banyak sejarawan, penyair, dan penulis terpesona oleh penaklukannya. Salah satunya adalah invasi Aleksander Agung ke Kekaisaran Persia Akhemeniyah.

Meskipun kebanyakan orang berbicara tentang invasi dan serangan militer, orang jarang mengetahui alasan ia menginvasi Kekaisaran Persia Akhemeniyah. Di masa lalu, Kekaisaran Persia Akhemeniyah termasuk salah satu kekaisaran terbesar dan terkuat.

Sejarawan Yunani kuno Arrian mengungkapkan bahwa invasi Aleksander Agung ke Persia sebagai tindakan balas dendam atas kesalahan masa lalu. Aleksander menyampaikan hal ini dalam suratnya kepada Darius yang menyatakan:

“Nenek moyang Anda datang ke Makedonia dan seluruh Yunani kuno. Mereka memperlakukan kami dengan buruk. Saya, yang ditunjuk sebagai komandan dan pemimpin Yunani kuno, ingin membalas dendam pada Persia. Menyeberang ke Asia dan menyelesaikan permusuhan dimulai oleh Anda.”

Tapi apakah itu benar-benar tentang balas dendam atau mungkinkah Aleksander mengincar kekayaan yang dikuasai oleh Kekaisaran Persia Akhemeniyah?

Balas dendam atau mengincar kekayaan Kekaisaran Akhemeniyah?

Sejarah mendokumentasikan invasi Aleksander Agung ke Persia karena balas dendam. “Menurut sejarawan, invasi itu sebagai balasan atas Perang Yunani-Persia di masa lalu,” tulis Cam Rea di laman Ancient Pages. Namun, agak aneh jika Aleksander Agung tiba-tiba memutuskan untuk menaiki kudanya dan memimpin pasukannya ke wilayah Persia. Terutama karena perang telah berakhir selama lebih dari 100 tahun sebelumnya.

Namun, ada bagian lain yang diberikan oleh sejarawan Yunani kuno, Arrian. Rupanya, Aleksander memberikan pidato di Opis pada tahun 324 Sebelum Masehi. Saat itu, anak buahnya memberontak untuk kedua kalinya. Dalam pidato, Aleksander Agung pernyataan menarik tentang mengapa ia menyatakan perang terhadap Kekaisaran Persia Akhemeniyah. Alasannya adalah kekayaan berlimpah yang dimiliki oleh Persia.

“Saya mewarisi dari ayah saya beberapa piala emas dan perak dan kurang dari 60 talenta di perbendaharaan. Raja Philip mempunyai utang sebesar 500 talenta dan saya memiliki utang sebesar 800 talenta lagi.”

Tapi kejadian di masa lalu juga turut menjadi pendorong bagi Aleksander Agung untuk menyerang Kekaisaran Persia Akhemeniyah. Ayah Aleksander, Philip, telah mengincar Persia dan sedang mempersiapkan pasukan untuk melakukan serangan militer. Namun ia dibunuh sebelum dapat melaksanakan tujuannya.

Dengan kematiannya, Aleksander ditinggalkan dengan pasukan semi-profesional, kekuatan tempur yang dibiayai langsung oleh raja yang telah meninggal.

Agar Aleksander Agung mampu membiayai pasukannya, dia harus membubarkan sebagian pasukannya untuk menghemat uang. “Ia dihadapkan pada dua pilihan,” tambah Rea. Mengambil risiko besar dalam melakukan hal tersebut atau melanjutkan perjalanannya untuk menyelamatkan kerajaannya.