Sun Wukong, Kera Sakti yang Menantang Surga dalam Mitologi Tiongkok

By Sysilia Tanhati, Minggu, 10 September 2023 | 18:00 WIB
Su Wukong adalah salah satu tokoh penting dan populer dalam mitologi Tiongkok. Dikenal sebagai Kera Sakti, ia melakukan perjalanan ke barat bersama biksu Tang. (The Erica Chang)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Tiongkok, Sun Wukong (Sun Go Kong) dikenal sebagai Raja Kera atau Kera Sakti. Ia adalah dewa penipu yang memainkan peran sentral dalam kisah petualangan Wu Cheng'en, Journey to the West (Perjalanan ke Barat).

Asal-usul Sun Wukong dalam mitologi Tiongkok

Pada zaman kuno, sebuah batu ajaib terletak di puncak Gunung Huagou. Suatu hari, angin kencang bertiup ke atas batu dan membuat seekor kera keluar dari permukaan batunya. Meski baru lahir, anak kera tersebut sudah bisa berjalan dan berbicara.

Ketika Wukong membuka matanya, pancaran cahaya keemasan memancar dari matanya, menembus awan dan mengagetkan Kaisar Langit. “Ketika Kaisar Langit mencari sumber cahaya aneh itu, yang dia lihat hanyalah bayi kera,” tulis Mae Hamilton di laman Mythopedia. Kaisar Langit mengabaikannya karena tidak percaya bahwa si bayi kera memiliki kemampuan hebat.

Saat menjelajahi hutan, Sun Wukong menemukan kera lain dan memutuskan untuk tinggal bersama mereka. Suatu hari kelompok tersebut sedang bersantai di dekat air terjun dan mereka memutuskan untuk bermain permainan. Siapa pun yang cukup berani untuk melompati air terjun dan menemukan sumber sungai akan diberi gelar Raja Kera.

Sun Wukong segera melompati air terjun dan menyusuri aliran sungai untuk mencari sumbernya. Ia berhasil dan menyatakan dirinya sebagai raja. Dengan dukungan monyet hutan, Sun Wukong dengan cepat membuktikan dirinya sebagai kera ajaib yang kuat.

Wukong memiliki kekuatan super yang tak tertandingi dan kemampuan untuk berubah menjadi 72 hewan dan benda berbeda. Setiap bulunya memiliki kekuatan transformatif. Ia juga dapat memanipulasi angin, air, dan api secara ajaib. (Yoshitoshi Tsukioka)

Sun Wukong memiliki senjata ampuh, termasuk kemeja rantai emas, topi phoenix, sepatu bot, dan tongkat ajaib seberat 8 ton.

Wukong memiliki kekuatan super yang tak tertandingi dan kemampuan untuk berubah menjadi 72 hewan dan benda berbeda. Setiap bulunya memiliki kekuatan transformatif. Ia juga dapat memanipulasi angin, air, dan api secara ajaib.

Dicirikan oleh sifat mudah naik darah, ketidaksabaran dan kecenderungan marah, Sun Wukong adalah salah satu tokoh penting dalam mitologi Tiongkok.

Sun Wukong menipu Yan Wang dan Raja Neraka

Ketika tiba waktunya bagi Yan Wang dan Raja Neraka untuk mengumpulkan jiwa Wukong, Wukong sudah siap. Dia menipu Yan Wang agar mengizinkannya kembali ke bumi tanpa menjalani reinkarnasi. Sebelum meninggalkan neraka, Wukong berhasil menghapus namanya dan nama kera hutan lainnya dari Buku Kehidupan dan Kematian.