Raja Agamemnon dalam Mitologi Yunani Ternyata Berasal dari Kisah Nyata

By Ricky Jenihansen, Kamis, 21 September 2023 | 10:00 WIB
Raja Agamemnon adalah pemimpin pasukan Yunani yang menyerang kota Troy selama Perang Troya (Public Domain)

Nationalgeographic.co.idRaja Agamemnon adalah salah satu karakter paling terkenal, seorang pemimpin penting dalam mitologi Yunani. Dia adalah pemimpin pasukan Yunani yang menyerang kota Troy selama Perang Troya yang legendaris.

Beberapa sumber mitologi Yunani menyebutkan bahwa kisah Raja Agamemnon mungkin berasal dari kisah nyata. Namun hal tersebut kontradiktif, jadi apakah Agamemnon benar-benar nyata?

Ataukah ia sekadar tokoh mitologi Yunani yang tidak memiliki dasar, bukan berdasarkan kisah nyata dalam kehidupan nyata?

Siapa Raja Agamemnon?Pertama-tama, mari kita perjelas siapa sebenarnya Agamemnon. Dia pertama kali muncul dalam Iliad karya Homer, yang ditulis pada pertengahan abad ketujuh SM.

Setelah itu, ia muncul dalam banyak cerita dan catatan berikutnya tentang Perang Troya yang legendaris. Bagaimanapun, dia adalah salah satu tokoh sentral dalam legenda perang antara Yunani dan Troya.

Dia adalah kakak laki-laki Menelaus, raja yang istrinya bernama Helen. Mereka melarikan diri bersama atau dibawa oleh Paris dari Troy.

Menelaus adalah raja Sparta, sedangkan Raja Agamemnon adalah raja Argos, dengan pusat di Mycenae.

Para pemimpin Yunani bekerja sama mengepung kota Troy untuk mendapatkan Helen kembali, dan Raja Agamemnon memimpin aliansi besar ini.

Beginilah cara Raja Agamemnon dihadirkan dalam legenda mitologi Yunani. Namun, adakah alasan untuk percaya bahwa dia mungkin berasal dari kisah nyata?

Tokoh kisah nyata dari zaman Homer

Ada alasan untuk percaya bahwa banyak tokoh yang disebutkan dalam puisi Homer adalah orang-orang yang hidup pada zaman Homer atau tidak lama sebelumnya.

Beberapa catatan kuno tentang kehidupan Homer memperjelas bahwa ia menempatkan beberapa orang sezamannya di Iliad dan Odyssey.