Tujuh Pantai Pasir Pink yang Menyimpan Pesona Pesisir Indonesia

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 21 September 2023 | 13:00 WIB
Warna merah mudah di Long Pink Beach di Pulau Padar TN Komodo berasal dari koral merah yang bercampur pasir. (Fikri Muhammad)

Nationalgeographic.co.id—Pantai dengan pasir berwarna pink punya kesan tersendiri untuk wisatawan. Kawasan pesisir ini memberikan pesona pemandangan yang tidak biasa seperti pantai dengan pasir pada umumnya yang berwarna hitam atau putih.

Pasir warna pink pada pantai bukan tanpa sebab. Warna pink disebabkan oleh organisme kecil di pesisir yang disebut foraminifera atau fora. Foraminifera lazim ditemukan di laut, tetapi beberapa individu diketahui juga dapat ditemukan di air tawar seperti sungai.

Foraminifera memiliki cangkang dengan struktur rumit, dan terbuat dari kalsium karbonat. Mereka menghasilkan pigmen merah atau coklat di terumbu karang. Namun, ketika bertemu dengan pasir putih pantai, organisme ini memberikan kesan warna pink atau merah muda pada kawasan pesisir.

Karena keberadaan mereka lazim di kawasan pesisir, inilah yang membuat berbagai pantai di Indonesia memiliki pasir warna pink. Semua pantai pasir pink di Indonesia menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah lima pantai pink yang dapat dikunjungi di Indonesia.

1. Pantai Merah (Pink Beach), Pulau Komodo

Pantai Merah atau Pink Beach di Pulau Komodo adalah pantai dengan pasir berwarna pink yang paling terkenal. Popularitas pulau ini dikarenakan lokasinya berada di Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur yang merupakan salah satu destinasi super prioritas.

Penampakan Pantai Merah dapat langsung dilihat oleh wisatawan yang hendak mengunjungi Pulau Komodo dari kapal. Kawasan pesisir ini pun dapat dikunjungi dari Dermaga Loh Liang. Pesona keelokan Pantai Merah semakin lengkap dengan keasrian air laut sekitar Pulau Komodo berwarna biru jernih.

2. Pantai Namong, Pulau Komodo

Pulau Komodo menjadi pemilik pantai dengan pasir berwarna pink lebih dari satu di Indonesia. Kawasan pesisir lainnya yang memiliki pasir warna pink adalah Pantai Namong. Pantai ini sekilas terlihat seperti pasir putih pada umumnya. Penampakan pantai pasir pink baru terlihat ketika semakin dekat dengan warna yang lebih menyala.

Meskipun berada di Pulau Komodo yang menjadi destinasi wajib saat mengunjungi Labuan Bajo, Pantai Namong berada di lokasi yang sukar dikunjungi sehingga sepi. Jika ingin mengunjungi pantai ini, sahabat bisa meminta kepada juru perahu yang ditumpangi.

3. Pantai Pink Padar (Long Pink Beach), Pulau Padar

Ketika wisatawan mulai menjelajah keunikan Pulau Padar yang berisi bukit dan pesisir, Pantai Pink Padar atau Long Pink Beach langsung menyambut. Pantai ini memiliki keuinikan dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan dan bertemu dengan pasir pink, sehingga menjadi tempat romantis untuk berlibur.