Kisah Kaisar Sutoku yang Menjadi Arwah Penasaran dalam Sejarah Jepang

By Sysilia Tanhati, Kamis, 21 September 2023 | 18:30 WIB
Dalam sejarah Jepang, Kaisar Sutoku dipercaya berubah menjadi roh penasaran setelah meninggal. Hal ini terjadi karena kepahitan hidup yang dialami sehingga ia ingin membalas dendam. (Utagawa Yoshitsuya)

Nationalgeographic.co.id—Kekaisaran Jepang memiliki pemimpin yang kisah hidupnya patut dikenang dalam sejarah. Salah satunya adalah Kaisar Sutoku. Jalan hidupnya yang berliku membuatnya menjadi salah satu kaisar paling unik dalam sejarah Jepang. Bahkan, setelah kematiannya, ia dianggap berubah menjadi arwah penasaran yang kerap menghantui masyarakat.

Asal-usul Kaisar Sutoku

Ia dilahirkan pada tanggal 7 Juli tahun 1119. Sejak kelahirannya hingga tepat sebelum naik ke Takhta Krisan, nama pribadinya adalah Akihito. Kaisar Sutoku merupakan anak sulung Kaisar Toba dan Fujiwara no Tamako.

Biasanya, kepemimpinan klan atau pemindahan kekuasaan besar dilakukan ketika seorang anak laki-laki mencapai usia 7 tahun. Namun di masa itu, situasi suksesi Kaisar Jepang adalah hal yang sama sekali berbeda. Tidak ada waktu atau usia resmi bagi seorang kaisar untuk menjadi kaisar di Jepang.

Serangkaian peristiwa membuat Kaisar Toba dan putranya menjadi kaisar di usia yang sangat muda, yaitu 3 tahun. Kaisar Toba menjadi kaisar pada tahun 1107, saat ia berusia 3 tahun. Hal ini terjadi karena ayahnya, Kaisar Horikawa, meninggal di usia 29 tahun.

Karena Kaisar Toba masih sangat muda, maka kekuasaan kaisar sebenarnya dipegang oleh kakeknya dan mantan Kaisar Shirakawa. “Pemerintahan yang dikenal sebagai pemerintahan tertutup,” tulis Minami Nagai di laman Yabai.

Dalam sejarah Jepang, periode ini dianggap penting karena menunjukkan bagaimana seorang pensiunan kaisar masih dapat memegang kekuasaan. Aturan tertutup ini juga akan menjadi cara bagi pensiunan Kaisar Toba untuk terus berkuasa bahkan setelah ia turun takhta.

Kaisar Sutoku juga menduduki takhta pada usia 3 tahun. Dan seperti yang dilakukan Kaisar Shirakawa, Kaisar Toba menggunakan ini untuk tetap berkuasa. “Tidak ada yang menentang pengaturan semacam itu di masa lalu,” tambah Nagai.

Pemerintahan Kaisar Sutoku dalam sejarah Jepang

Tidak jelas kapan Kaisar Sutoku benar-benar mengambil alih kendali Kaisar Toba. Kaisar Toba memang mengemban tugas menjadi kaisar sedangkan Sutoku masih belum mampu karena usianya.

Sejarah Jepang mencatat masa pemerintahan Sutoku dimulai sejak masa suksesinya. Hal ini terjadi pada tahun 1123, tepatnya pada tanggal 25 Februari. Hari itu merupakan tanggal 28 bulan 1 periode Hoan 4 dan mengakhiri 16 tahun pemerintahan Kaisar Toba.

Suksesi diterima pada bulan pertama periode Hoan 4. Namun Kaisar Sutoku baru naik takhta pada bulan kedua periode tersebut.