Pasangan yang Menghasilkan Anak Paling Banyak dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Jumat, 22 September 2023 | 08:00 WIB
Zeus dan Hera di Gunung Ida. Kisah cinta dalam mitologi Yunani beberapa romantis, seringkali tragis dan di antaranya menghasilkan banyak anak. (Andries Lens)

Nationalgeographic.co.id—Ada beberapa kisah cinta dalam Mitologi Yunani, beberapa romantis, seringkali tragis dan di antaranya menghasilkan banyak anak. Kisah cinta dalam mitologi Yunani telah menangkap imajinasi banyak orang selama ribuan tahun.

Oceanus dan TethysOceanus dan Tethys tampaknya adalah salah satu dari sedikit pasangan monogami dalam pohon keluarga para Titan. Para Titan adalah dewa primordial pra-Olimpian dalam Mitologi Yunani kuno.

Oceanus adalah putra Ouranos dan Gaea. Istrinya adalah saudara perempuannya Tethys, yang konon melahirkan sungai-sungai utama di dunia yang dikenal orang Yunani.

Seperti misalnya sungai Nil, Alpheus, Maeander, dan sekitar 3.000 anak perempuan yang disebut Oceanids. Setiap Oceanid diberi perairan, padang rumput, atau awan tertentu.

Zeus dan banyak kekasihnya

Dewa Zeus adalah Bapak para Dewa dan Manusia yang memerintah Olympians. Ia melahirkan setidaknya dua puluh satu anak dari sembilan dewi berbeda, termasuk Athena, yang muncul dari kepalanya.

Zeus dikenal karena petir dan petualangan erotisnya. Zeus juga dikenal dengan kehidupan seks liar yang menghasilkan banyak keturunan abadi, setengah dewa, dan heroik.

Keturunannya termasuk Dewi Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Persephone, Dionysus, Perseus, Heracles, Helen dari Troy, Minos, dan para dewi sembilan Muse.

Sedangkan oleh permaisuri tradisionalnya, Dewi Hera dikatakan telah melahirkan Ares, Hebe, dan Hephaestus.

Namun, dia jelas merupakan dewa yang paling pezinah. Memiliki daftar permaisuri dan anak-anaknya yang paling banyak dalam mitologi Yunani.

Atlas dan Pleione

Dalam mitologi Yunani, Atlas adalah Titan. Atlas adalah putra dari Titan Iapetos dan Okeanid atau Klyménē. Atlas menikahi Pleione dan memiliki tujuh putri yang disebut Pleiades (nimfa pelayan Artemis).