Penuturan Kisah Mitologi Yunani Sering Kali Menyimpang dari Fakta

By Ricky Jenihansen, Minggu, 24 September 2023 | 15:00 WIB
Penuturan kisah mitologi Yunani seringkali menyimpang dari fakta. (World History Fact)

Nationalgeographic.co.idBanyak kisah dari mitologi Yunani yang dikenal di seluruh dunia, dan banyak pula kisah tersebut diadaptasi menjadi film terkenal. Namun penuturan kisah mitologi Yunani seringkali menyimpang dari fakta dan menimbulkan serangkaian kesalahpahaman.

Masalah tersebut telah berlangsung lama mengenai dewa dan dewi Yunani kuno serta tokoh dan makhluk mitos lainnya, menurut para ahli.

Meski memang, mitologi Yunani telah menjadi dasar cara orang memandang dunia kuno selama berabad-abad. Ada banyak hal-Hal yang mungkin kita lewatkan tentang mitologi Yunani.

Seperti misalnya Hades bukanlah monster dalam mitologi Yunani. Hades bukanlah monster dalam mitologi Yunani.

Sebagai dewa kematian dan dunia bawah, Hades memiliki sedikit kegelapan dan kejahatan yang terhubung dengannya. Itu karena fakta bahwa dia sering diperlakukan seperti iblis Kristen versi Yunani kuno.

Namun, bukan Hades sendiri yang memilih untuk menguasai dunia bawah. Dia dan saudara-saudaranya, Zeus dan Poseidon, mengambil keputusan untuk memutuskan siapa yang akan memerintah wilayah mana.

Anggap saja Hades tidak beruntung dan terjebak di dunia bawah sementara saudara-saudaranya, Zeus dan Poseidon, masing-masing diberikan kekuasaan atas para Dewa dan laut.

Kita harus ingat bahwa terlepas dari reputasinya, Hades bukanlah orang yang bertanggung jawab atas penghukuman atau penebusan jiwa. Mereka adalah tiga saudara setengah dewa, Minos, Aiakos, dan Rhadamanthys, yang menentukan nasib suatu jiwa.

Ares tidak sekuat itu dan Artemis adalah seorang pembunuh

Contoh lainnya adalah penuturan tentang Ares. Ia mungkin adalah dewa perang dan namanya mungkin identik dengan pertumpahan darah, tetapi dia selalu mematuhi perintah saudara perempuannya Athena, dalam mitologi Yunani.

Seperti kakaknya, Athena juga mengawasi perang dan dia adalah dewi pertahanan dan pertempuran yang benar, yang membuat Ares tunduk padanya. Seperti yang dideskripsikan di Iliad, Athena sering melakukan intervensi atas nama pertarungan yang adil dan Ares selalu mundur.

Sementara Artemis adalah putri Zeus dan saudara kembar Apollo. Artemis adalah pemburu dan pelindung binatang.