Iliad Homer, Karya yang Mengisahkan Perang Troya dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Senin, 25 September 2023 | 09:00 WIB
Iliad Homer merupakan karya terhebat yang mengisahkan perang Troy dalam mitologi Yunani. (World History)

Nationalgeographic.co.idIliad karya Homer adalah karya sastra Eropa yang pertama yang mengisahkan Perang Troya yang legendaris dalam mitologi Yunani.

Banyak orang yang akan mengatakan, karya ini merupakan karya terhebat yang menceritakan bagian dari kisah kota Troy.

Faktanya, Iliad mengambil namanya dari “Ilios”, sebuah kata Yunani kuno untuk “Troy” yang terletak di wilayah Turki saat ini. Kisah ini mempunyai tempat sentral dalam mitologi Yunani.

Puisi epik ini membahas periode yang sangat singkat pada tahun kesepuluh Perang Troya dalam mitologi yunani.

Hal ini terkadang mengejutkan pembaca modern yang mengharapkan keseluruhan cerita Troy, seperti misalnya dalam film Troy tahun 2004 karya Wolfgang Petersen.

Namun, Homer dan penyair epik awal lainnya membatasi narasi mereka pada periode tertentu dalam perang. Seperti asal-usul perang, pertempuran penting, jatuhnya kota, atau kembalinya tentara ke Yunani.

Tidak ada keraguan, bahwa Homer dan penyair awal lainnya dapat mengandalkan pengetahuan yang sangat luas tentang Perang Troya di kalangan para pendengarnya.

Tokoh sentral dalam Iliad adalah Achilles, putra Peleus, seorang bangsawan fana. Kemudian Thetis yang merupakan seorang dewi laut.

Dia berasal dari utara Yunani dan oleh karena itu merupakan orang luar. Itu karena sebagian besar pangeran utama Yunani dalam puisi itu berasal dari selatan.

Achilles masih muda dan kurang ajar, pejuang yang brilian, tetapi bukan diplomat yang hebat.

Ketika dia berselisih dengan Agamemnon (pangeran Yunani terkemuka dalam perang) dan kehilangan Briseis putri tawanannya, dia menolak untuk bertarung dan tetap di kampnya.

Dia tinggal di sana selama sebagian besar puisi sampai temannya Patroclus terbunuh.