Chiron, Manusia Setengah Kuda Jadi Guru Para Pahlawan Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 26 September 2023 | 07:00 WIB
Chiron adalah centaur atau makhluk setengah manusia dan setengah kuda yang kuat di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Chiron adalah centaur atau makhluk setengah manusia dan setengah kuda yang kuat di mitologi Yunani kuno.

Dengan banyak bakat dan sifat lembutnya, dia menjadi guru para pahlawan dalam mitologi Yunani. Dia melatih para pahlawan dalam segala hal mulai dari seni berburu, memanah yang mematikan hingga seni musik dan penyembuhan.

Berbeda dengan centaur lain yang memiliki empat kaki kuda, kaki depan Chiron adalah manusia dan kaki belakangnya adalah kuda.

Wajahnya menggambarkan kekuatan dan kecantikan klasik, tidak memiliki telinga lancip dan rambut liar yang membuat centaur lain terlihat nakal, dan dia sering mengenakan pakaian, bahkan karangan bunga salam, yang menunjukkan betapa beradabnya dia dibandingkan dengan saudara-saudaranya.

Dari semua karakter dalam mitologi Yunani, Chiron mungkin memiliki hati yang paling murni dan tidak mementingkan diri sendiri.

Pertama dan terpenting, centaur yang luar biasa ini memiliki hati seorang guru. Dia sangat cerdas dan berpandangan jauh ke depan, namun dia juga rendah hati dan penuh kasih sayang.

Kombinasi langka ini membuatnya menjadi instruktur yang sangat dicari. Dia menyambut semua orang di rumahnya, tidak peduli seberapa lemah atau rendahnya mereka. 

Setiap orang yang meninggalkan rumahnya, setelah hidup di bawah asuhan dan bimbingannya, akan menjadi lebih kuat dan bijaksana dibandingkan saat mereka tiba.

Kedua, dia berani dan rela berkorban. Chiron mempertaruhkan nyawanya demi teman-teman dan muridnya pada banyak kesempatan. Pada akhirnya, dia memilih untuk mengorbankan keabadiannya demi menyelamatkan nyawa orang lain. 

Chiron adalah pemanah, pemburu, musisi, peramal, dan penyembuh yang berbakat. Keahliannya menggunakan busur dan anak panah tidak tertandingi, meskipun muridnya Achilles menjadi rival olahraganya.

Alat musik favoritnya adalah kecapi, yang ia mainkan dengan sempurna, bahkan menurut standar Apollo. Sebagai seorang peramal, dia memiliki pengetahuan tentang rahasia tersembunyi dan kejadian di masa depan, yang dia tunjukkan ketika dia memberi tahu Peleus cara menjadikan peri laut yang sangat cantik, Thetis, sebagai istrinya.

Namun, bakat paling produktif dari centaur perkasa adalah kemampuan penyembuhannya. Dia mengetahui semua tumbuhan yang tumbuh di hutan asli rumahnya di Gunung Pelion, dan dia dapat menggunakannya dengan sangat efektif.