Pendirian, Geografis dan Arsitektur Ibu Kota Kekaisaran Inca

By Ricky Jenihansen, Senin, 2 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Sacsayhuamán adalah benteng upacara Inca yang terletak dua kilometer sebelah utara Cusco: karya arsitektur terbesar suku Inca pada masa puncaknya. (Diego Delso/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Kota Cuzco atau Cusco adalah ibu kota kekaisaran Inca yang megah dan juga pusat keagamaan dan administratif. Kota Cuzco berkembang di Peru kuno antara tahun 1400 hingga 1543 M.

Suku Inca menguasai wilayah dari Quito hingga Santiago, menjadikannya kerajaan terbesar yang pernah ada di Amerika dan terbesar di dunia pada saat itu.

Kota Cuzco memiliki populasi hingga 150.000 jiwa pada puncaknya, dibangun dalam bentuk puma dan didominasi oleh bangunan-bangunan dan istana-istana indah.

Wilayah yang terkaya dari semuanya adalah kompleks Coricancha yang dilapisi emas suci dan bertabur zamrud, mencakup sebuah kuil untuk dewa matahari Inca Inti. Saat ini Kota Cuzco terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Cuzco dalam MitologiDalam mitologi, ras Inca diciptakan oleh dewa agung Viracocha yang menyebabkan mereka dilahirkan dari dewa matahari Inti.

Delapan suku Inca pertama lahir di Tiwanaku atau, dalam versi alternatif, mereka muncul dari gua suci Pacaritambo. Mereka kemudian bermigrasi ke lembah Cuzco.

Dipimpin oleh Manco Capac (atau Manko Qhapaq) dan Mama Ocllo, kelompok tersebut memenuhi ramalan sebelumnya. Mereka harus menetap di tempat, di mana tongkat emas mereka dapat dengan mudah ditancapkan ke tanah.

Setelah membunuh Raja Atuahalpa, penjajah Spanyol langsung menjarah Kota Cuzco. (Public Domain)

Namun, sebelum suku Inca bisa makmur, pertama-tama mereka harus mengalahkan saingan lokal mereka, Chanca. Itu adalah prestasi yang mereka capai dengan bantuan raksasa batu pururauca.

Peristiwa ini mempunyai dasar yang nyata, karena suku Inca memang mengalahkan Chanca pada tahun 1438 M. Dengan demikian ibu kota Inca didirikan.

Nama Cuzco mungkin berasal dari qosqo, yang berarti 'dasar danau yang mengering' atau cozco, sebuah penanda batu khusus tertentu di kota.

Geografis dan ArsitekturLokasi geografis situs warisan dunia tersebut berada di dasar danau gletser kuno. Cuzco berada di titik pusat antara jalur alami yang mengarah ke berbagai wilayah sekitarnya yang merupakan hal menguntungkan.