Ketika Zeus Rela Jadi Pancuran Emas demi Selingkuh di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 6 Oktober 2023 | 15:00 WIB
Kisah cinta Zeus dan Danae di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Kisah cinta Danae dan Zeus adalah salah satu romansa antara dewa dan manusia paling terkenal dari mitologi Yunani.

Zeus menjadi dewa tertinggi dalam jajaran dewa Yunani setelah mengalahkan ayahnya, Cronos, dan para Titan lainnya di Titanomachy. Memerintah di Gunung Olympus, Zeus didampingi sang istri, Hera. Meskipun Hera hanyalah istri ketiga Zeus setelah Themis dan Metis. Bahkan ketika menikah, Zeus berselingkuh dengan banyak wanita. 

Akibatnya, banyak kisah-kisah yang masih ada dari mitologi Yunani berhubungan dengan kehidupan cinta Zeus. Sementara itu, banyak dari kisah-kisah yang melibatkan Hera melihat sang dewi mencari pembalasan terhadap kekasih atau anak-anak suaminya.

Salah satunya adalah adalah Danae, seorang putri Argos di semenanjung Peloponnesia. Danae adalah anak tunggal dari Acrisius dan Eurydice, pasangan penguasa Argos. Seiring bertambahnya usia, Danae mendapatkan reputasi sebagai wanita paling cantik di zamannya.

Menjadi anak tunggal Acrisius menyebabkan masalah bagi raja. Hal ini berarti dia tidak memiliki keturunan laki-laki untuk meninggalkan kerajaannya juga. Oleh karena itu, Acrisius berkonsultasi dengan Oracle untuk mencari tahu masa depan apa yang akan terjadi, dan khususnya apakah Danae akan memiliki seorang putra, yang dapat memerintah Argos setelah Acrisius.

Ramalan yang disampaikan oleh Oracle hampir tidak membuat pikiran Acrisius tenang, karena meskipun Danae ditakdirkan untuk melahirkan pewaris laki-laki raja, putra tersebut kemudian ditakdirkan untuk membunuh Raja Acrisius.

Prioritas Acrisius kini berubah, dari khawatir kepada siapa kerajaannya akan diwariskan, raja kini khawatir akan kematiannya sendiri.

Ada banyak raja kejam yang diceritakan dalam mitologi Yunani, namun Acrisius tidak termasuk di antara mereka yang mempertimbangkan pembunuhan. Solusi Acrisius sederhana saja untuk memastikan Danae tidak hamil.

Kemudian, Acrisius pun membangun menara perunggu dengan satu pintu akses di kakinya. Pintunya akan dijaga siang dan malam oleh tentara yang setia kepada raja. Sifat menara yang terbuat dari perunggu berarti bahwa bagian luarnya tidak dapat ditimbang. Oleh karena itu, Danae dijadikan penjara, semua menjadi tahanan yang nyaman, oleh ayahnya sendiri.

Kisah kecantikan Danae sudah sampai ke telinga Zeus di Gunung Olympus, namun ketertarikan dewa Olympian benar-benar terguncang oleh berita pembangunan menara perunggu di Argos. Jadi, Zeus turun dari istananya ke kerajaan Acrisius.

Acrisius telah melakukan pekerjaan yang sempurna untuk mencegah manusia mendapatkan akses ke Danae. Mmenara perunggu juga tidak menghentikan dewa, terutama yang memiliki tekad seperti Zeus.

Oleh sebab itu, Zeus mengubah dirinya menjadi awan hujan. Dalam bentuk pancuran emas, Zeus mengalir melalui atap menara. Sendirian dengan Danae yang cantik, Zeus menghabiskan malam bersama putri cantik itu. Akibatnya Danae hamil. Setelah waktu yang ditentukan, hubungan Zeus dan Danae melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Perseus.