Mitologi Yunani: Kisah Tragis Alcyone yang Diubah Zeus Menjadi Burung

By Ricky Jenihansen, Jumat, 13 Oktober 2023 | 12:00 WIB
Alcyone dan Cyex adalah kisah cinta yang tragis dalam mitologi Yunani. (Greek Mythology)

Nationalgeographic.co.id—Istilah Alcyone saat ini mugkin lebih dikenal sebagai nama bintang di rasi bintang Taurus atau nama burung yang cantik dengan nama yang sama. Jauh sebelum itu, nama Alcyone telah mengakar dalam mitologi Yunani dan menjadi asal usul istilah serupa di zaman sekarang.

Dalam mitologi Yunani, Alcyone atau Halcyone adalah istri dari Cyex yang akan menerima kemurkaan dari dewa Zeus. Dewa Zeus iri dengan kesempurnaan kedua pasangan tersebut yang mendapatkan kekaguman tidak hanya dari manusia, bahkan dari para dewa.

Menurut akun Pseudo-Apollodorus, Alcyone dan Ceyx menikah dan sangat bahagia bersama di Trachis. Pseudo-Apollodorus atau the Bibliotheca, adalah ringkasan mitologi Yunani dan legenda heroik yang disusun dalam tiga buku.

Dikisahkan dalam karya tersebut, mereka sering secara tidak senonoh memanggil satu sama lain "Zeus" dan "Hera". Hal itu mungkin berkaitan dengan kenyataan bahwa mereka berdua memang sangat menawan dan mendapatkan kekaguman dari manusia dan bahkan para dewa.

Pasangan ini dianggap sempurna, karena tidak hanya menawan tapi juga memiliki cinta yang menawan. Sehingga mereka mulai bersikap arogan dan sombong sehingga dengan sangat sembrono membandingkan diri mereka dengan Zeus dan Hera.

Hal itu membuat Zeus sangat marah dan murka, jadi saat Ceyx berada di laut dewa Zeus melemparkan petir ke kapalnya. Menurut Ovid, sebelum melakukan itu, Dewa Zeus berkonsultasi terlebih dahulu dengan oracle.

Ovid atau Publius Ovidius Naso, adalah seorang penyair Romawi yang menuliskan topik-topik cinta, perempuan yang terabaikan, dan transformasi mitologi Yunani.

Ovid dan Hyginu, keduanya juga menceritakan metamorfosis pasangan tersebut dalam dan setelah kehilangan Ceyx dalam badai yang mengerikan.

Tanpa mengetahui kematian Ceyx di kapal karam, Alcyone terus berdoa di altar Hera untuk kembali dengan selamat. Ovid juga menambahkan detail saat dia melihat tubuhnya terdampar di pantai sebelum dia mencoba bunuh diri.

Alcyone sangat menyesali kehilangannya. Sehingga dia kemudian menceburkan dirinya ke laut dan tenggelam. Ia bertekad untuk bergabung dengan suaminya di dunia orang mati.

Para dewa Olympus sangat terpengaruh oleh nasib tragis pasangan tersebut dan cinta abadi mereka satu sama lain. Sehingga Zeus mengubah pasangan tersebut menjadi burung halcyon, yang menjadi asal usul mitologi Yunani untuk nama tersebut.

Namun burung-burung tersebut masih dikutuk untuk melahirkan di musim dingin setiap tahun. Akan tetapi, setelah ombak laut menghantam bebatuan dan menghancurkan sarang serta telur Alcyone, Zeus kembali merasa menyesali perbuatannya.