Garda Varangian: Kiprah Bangsa Viking di Kekaisaran Bizantium

By Tri Wahyu Prasetyo, Selasa, 17 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Pasukan Garda Varangian, sebuah iluminasi dari kronik abad ke-11 karya John Skylitzes. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Viking, pelaut tangguh Skandinavia, terkenal dalam aksi penyerbuannya di sekitar Kepulauan Inggris dan pantai barat Eropa. Satu hal yang tak banyak diketahui orang adalah bahwa mereka juga aktif bergerak lebih jauh ke timur.

“Mereka memainkan peran yang mengejutkan namun signifikan di Kekaisaran Bizantium, di mana mereka membentuk Garda Varangian,” tulis Caleb Howells, pada laman Greek Reporter.

Meski namanya telah menggema di seluruh dunia, apa yang kita ketahui tentang Garda Varangian, bangsa Viking dari Kekaisaran Bizantium?

Asal Usul Bangsa Varangia

Bangsa Varangia adalah bangsa Viking dari Swedia. Pada abad kesembilan, sekelompok orang Viking menetap di Barat Laut Rusia, di mana kota Novgorod berada saat ini.

“Seorang pria bernama Rurik adalah pemimpin legendaris kelompok ini,” kata Caleb, “ia disebut sebagai Rus, dan pemukiman yang didirikan pada tahun 862 menurut kronik abad kedua belas juga disebut demikian.”

Dari Novgorod, bangsa Varangia melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Laut Hitam. Selain Rusia, mereka menetap di Belarus dan Ukraina saat ini.

Seiring berjalannya waktu, mereka mulai mendominasi perdagangan yang melewati daerah tersebut. Ini adalah posisi penting dari kekuatan komersial. Ada banyak perdagangan yang melewati wilayah Muslim di timur menuju Kekaisaran Bizantium di barat.

Kadang-kadang, Caleb menjelaskan, terjadi konflik militer antara Varangia dan Kekaisaran Bizantium. Pada abad kesepuluh di tahun 907, bangsa Varangia menyerang Konstantinopel sendiri.

“Pengepungan tersebut tampaknya tidak terlalu berdarah, dan berakhir dengan perjanjian damai antara kedua belah pihak.”

Garda Varangia: tentara bayaran Viking dari Kekaisaran Bizantium

Coretan yang ditinggalkan oleh seorang anggota Garda Varangian, yang bertuliskan (Via allthatsinteresting)