Kisah Raja Henry VIII, Hobi Kawin Cerai dalam Sejarah Abad Pertengahan

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 24 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Raja Henry VIII adalah raja Inggris terkenal memiliki banyak istri dalam sejarah Abad Pertengahan. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id – Raja Henry VIII adalah salah satu raja Inggris paling terkenal dalam sejarah Abad Pertengahan. Ia dikenal karena banyaknya istri dan pemerintahannya yang penuh gejolak.

Kisah cinta Raja Henry VIII dengan keenam istrinya juga menuai sorotan. Sebagian berakhir tragis. Ada yang diselingkuhi bahkan hingga mati dipenggal. Lalu, seperti apa kehidupan Raja Henry VIII dengan para istrinya?

Catherine

Dalam catatan sejarah Abad Pertengahan, istri pertama Henry VIII adalah Catherine dari Aragon. Dia adalah seorang putri Spanyol dan putri Raja Ferdinand II.

Pernikahan mereka berlangsung pada tahun 1509 dan memiliki enam anak bersama, namun hanya satu yang selamat saat masih bayi.

Sayangnya, Catherine tidak bisa memberikan pewaris laki-laki yang sangat Henry inginkan. Pada tahun 1527, Henry mulai berselingkuh dengan Anne Boleyn, salah satu dayang Catherine.

Henry menceraikan Catherine. Dia menikah dengan saudara laki-lakinya, Arthur, pada tahun 1501. Meskipun pernikahan tersebut hanya bertahan enam bulan sebelum Arthur meninggal.

Anne Boleyn

Anne Bolyen adalah salah satu istri dari Raja Henry VIII dalam sejarah Abad Pertengahan. (Public domain)

Anne Boleyn adalah istri kedua Henry. Dia adalah anggota bangsawan Inggris dan putri Sir Thomas Boleyn. Anne menjadi gundik Henry pada tahun 1526 dan memberinya seorang putri.

Hubungan Henry dengan Anne tumpang tindih dengan pernikahannya dengan Catherine. Selain itu, Anne adalah salah satu dayang Catherine, yang berarti dia sering menemani ratu.

Anne sangat membuat penasaran Henry. Dia telah menghabiskan banyak waktu bersama dan berada di dekatnya. Meskipun Anne bukan wanita tercantik, dia dikenal sebagai sosok yang socerdas, lucu,dan eksotis.