Inilah 6 Artefak dalam Mitologi Yunani dengan Kekuatan Supernatural

By Ricky Jenihansen, Rabu, 25 Oktober 2023 | 06:00 WIB
Ilustrasi kotak pandora. Beberapa artefak dalam mitologi Yunani menyimpan kekuatan mistis. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Yunani tidak hanya tentang segudang dewa, setengah dewa dan makhluk mistis, namun juga beberapa artefak dengan kekuatan supernatural. Artefak dalam mitologi Yunani menyimpan beragam kekuatan supernaturan, dari memberi kebaikan atau kerusakan yang menyengsarakan.

Artefak itu seperti baju besi Achilles, atau mantel singa Nemea yang dapat memberikan kekebalan hingga kotak pandora yang menyimpan kesengsaraan.

Dalam banyak cerita, benda-benda mistis ini merupakan objek pencarian pahlawan atau terbukti penting untuk mencapai tujuan mereka. Di negara lain, artefak menjadi simbol penggunanya dan atribut yang terkandung di dalamnya.

Baju besi Achilles

“Vatican Amphora,” yang menggambarkan prajurit Yunani kuno Ajax dan Achilles sedang bermain permainan papan. (Wikimedia Commons/Public domain)

Menjelang akhir Iliad karya Homer, Patroclus, sepupu Achilles mengenakan baju besinya dan memimpin Myrmidons ke medan perang. Dalam pertarungan berikutnya antara Akhaia dan Trojan, Patroclus terbunuh, sebagian besar karena campur tangan dewa Apollo.

Hector mendaratkan pukulan mematikan dan melucuti baju besi Achilles yang dipakai Patroclus. Marah atas kematian rekannya, Achilles terbakar dengan keinginan untuk membalas dendam tetapi tidak bisa berperang tanpa baju besinya.

Beruntung bagi Achilles, ibunya Thetis dihormati oleh para dewa Olympian. Dia membujuk dewa pandai besi Hephaestus untuk membuatkan Achilles satu set baju besi baru. Homer menggambarkan baju besi itu “lebih terang dari nyala api” dan mendedikasikan beberapa halaman untuk mendeskripsikannya.

Pada akhirnya, baju besi itu melindungi Achilles cukup lama hingga dia bisa membalas dendam terhadap Hector dan Trojan. Namun hal itu tidak membuatnya kebal terhadap nasib itu sendiri, dan dia tewas ketika anak panah mengenai tumitnya yang terbuka.

Trisula Poseidon

Poseidon digambarkan memegang trisula. (Jastrow / Public Domain)
Trisula Poseidon, dewa laut, adalah salah satu artefak paling ikonik dalam mitologi Yunani. Bahkan di zaman modern, ia berfungsi sebagai simbol kuat segala sesuatu yang berhubungan dengan maritim.

Menurut mitologi, trisula Poseido ditempa oleh para cyclope dan diberikan kepada Poseidon sebagai hadiah. Bentuk trisula Poseidon menyerupai garpu nelayan dan berkali-kali digunakan Poseidon untuk menyalurkan kekuatannya ke bumi dan lautan.