Mitologi Yunani: Pandora, Wanita Pertama yang Diciptakan dari Tanah

By Ricky Jenihansen, Selasa, 24 Oktober 2023 | 06:00 WIB
Pandora adalah wanita pertama dalam mitologi Yunani yang diciptakan dari tanah. Ia dikenal dengan kisah kotak pandora. ( John William Waterhouse/Creative Commons)

Nationalgeographic.co.idPandora adalah salah satu tokoh mitos dalam Mitologi Yunani yang sangat dikenal dengan kotak pandoranya. Ia diciptakan oleh Hephaistos, dewa pengrajin dan merupakan wanita pertama yang diciptakan dari tanah dan air dalam mitologi Yunani.

Dalam mitologi Yunani, Pandora tidak hanya sebagai wanita pertama yang diciptakan dari tanah dan air, tapi juga adalah alat murka Zeus. Pandora dianggap sosok dari mitologi Yunani yang bertanggung jawab melepaskan penyakit umat manusia ke dunia.

Pandora juga merupakan dewi bumi yang tidak ada hubungannya dengan panteon Yunani awal. Kisah tragis Pandora telah menginspirasi banyak penyair Yunani kuno dan kisah fiksi setelahnya.

Pandora, Instrumen HukumanNama Pandora berarti "hadiah" dan "semua". Menurut Hesiod dalam bukunya Theogony and Works & Days, Zeus menyuruh Hephaistos membuat Pandora, wanita pertama, dari tanah dan air.

Hephaistos adalah dewa pandai besi, pemahat, logam, pengrajin dan teknologi. Dia beperan sebagai pandai besi dan pengrajin bagi para dewa dan sering membuat berbagai alat dan senjata yang sangat berguna bagi para dewa.

Niat Zeus adalah menggunakan Pandora yang cantik dan menawan sebagai sarana untuk menghukum Prometheus. Itu karena Prometheus telah mencuri api dari para dewa dan memberikannya kepada umat manusia, yang pada gilirannya akan dihukum.

Prometheus adalah pelindung umat manusia dan dewa yang paling cerdas. Dia adalah putra Titan Iapetos dan Themis atau mungkin Klimene atau Asia, keduanya adalah Oceanid. Prometheus adalah saudara Atlas, Menoitios dan Epimehetus.

Pada suatu ketika, ,dia mencuri api dari Olimpus. Ia menyembunyikannya dalam tangkai adas, dan memberikannya kepada manusia.

Dia mengelabui Zeus untuk memperoleh bagian terburuk dalam persembahan kurban bagi para dewa, sementara manusia berhak menjaga bagian terbaiknya untuk mereka sendiri.

Zeus bersumpah: "Putra Iapetus (Prometheus), kau yang mengetahui nasihat melebihi orang lain, kau senang bahwa kau telah mencuri api dan memperdaya pikiranku."

"Suatu kesedihan yang besar bagi kau sendiri, dan bagi orang-orang yang akan datang. Kepada mereka aku akan memberikan sebagai imbalan atas menembakkan kejahatan yang membuat mereka semua dapat menikmati roh mereka, menerima kejahatan mereka sendiri." dalam (Works & Days, 54-59).

Hadiah Keagungan PandoraSebelum keberangkatannya, Pandora diberi berbagai hadiah agung oleh masing-masing dewa Olympian. Athena mengajarinya semua kerajinan tangan yang bagus dan mendandaninya dengan jubah keperakan.