Sejarah Abad Pertengahan: Aethelflaed, Ratu Legendaris Penakluk Viking

By Ricky Jenihansen, Minggu, 29 Oktober 2023 | 09:00 WIB
Aethelflaed adalah ratu Mercia yang legendaris dalam sejarah Abad Pertengahan. (Age Foto Stock)

Nationalgeographic.co.id - Aethelflaed adalah ratu Mercia yang legendaris dalam sejarah Abad Pertengahan, ia dijuluki "Lady of The Mercians" yang mengalahkan Viking. Ia kemudian mendirikan pemerintahan Inggris yang dikonsolidasikan oleh saudara laki-lakinya Edward the Elder (memerintah 889-924 M).

Aethelflaed (memerintah 911-918 M) adalah putri Raja Alfred Agung dari Wessex (memerintah 871-899 M) dan menjadi ratu Mercia setelah kematian suaminya Aethelred II, Penguasa Mercia (memerintah 883- 911 M).

Ia adalah ratu yang menyiapkan dasar-dasar pemerintahan raja Inggris pertama yang diakui yaitu Aethelstan, yang menjadi raja Anglo-Saxon pada 924-927 M dan raja Inggris pada 927-939 M.

Aethelstan diakui oleh para sejarawan kemudian sebagai tokoh penting dalam sejarah abad pertengahan, khususnya Inggris.

Ia dikenal atas prestasinya dalam mengalahkan benteng terakhir Viking, memusatkan pemerintahan, dan menjadikan Inggris sebagai kekuatan yang kuat dalam politik Eropa.

Namun, kecil kemungkinannya dia akan mampu mencapai apa yang dia lakukan jika bukan karena pengaruh Aethelflaed dari Mercia.

Pemerintahannya begitu efektif sehingga ia melampaui pemerintahan orang-orang sezamannya seperti saudara laki-lakinya Edward the Elder di Wessex. Pada masanya, ia tampaknya lebih dihormati secara luas daripada ayahnya yang terkenal sekalipun.

Aethelflaed melanjutkan kebijakan yang diprakarsai oleh Alfred sesuai dengan Aethelred setelah kematian suaminya.

Dia memerintah sendiri saat dia mengatur kebijakan dan praktik yang mengakibatkan berkurangnya kekuasaan Denmark di Inggris. Itu memungkinkan penyatuan tanah di bawah Edward dan kemudian Aethelstan.

Pemuda dan Perang Viking

Tidak ada yang diketahui tentang masa muda Aethelflaed. Dia baru memasuki halaman sejarah abad pertengahan pada usia 15 atau 16 tahun ketika dia menikah dengan Aethelred.

Kemungkinan tanggal lahirnya adalah 870 atau 871 M berdasarkan perkiraan tanggal pernikahannya. Namanya kemungkinan besar berarti “penuh dengan kebangsawanan” menurut sarjana Joanna Arman.