Dewa-Dewi Paling Menakutkan dalam Mitologi Yunani hingga Hindu

By Tri Wahyu Prasetyo, Sabtu, 4 November 2023 | 19:00 WIB
Dewi Kali dalam mitologi Hindu. (Public Domain/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Dalam kurun waktu yang panjang para dewa-dewi telah dipuja, disembah, dan ditakuti oleh manusia. Mitologi kuno dari seluruh dunia penuh dengan dewa-dewi yang menanamkan rasa kagum dan takut di hati para pengikutnya.

“Makhluk-makhluk yang kuat ini, sering kali merupakan perwujudan kekuatan dasar alam dan eksistensi manusia, yang memegang kekuasaan atas kehidupan dan kematian, perang dan perdamaian, kekacauan dan keteraturan,” tulis Aleksa Vuckovic, pada laman Ancient Origins.

Dewa-dewi sering kali membuat kita kagum sekaligus ketakutan. Hal ini mencerminkan sifat mitologi kuno yang kompleks dan beraneka ragam.

 Zeus, Dewa Petir Mitologi Yunani

Zeus merupakan dewa tertinggi dalam mitologi Yunani. (ArchaiOptix)

Zeus, raja para dewa Yunani, memerintah dengan penuh kekuasaan dari singgasananya yang tinggi di Gunung Olympus. Petir dan kendali atas cuaca membuatnya menjadi dewa yang tangguh dan sering kali murka.

“Rakyat percaya bahwa mereka bergantung pada belas kasihannya agar panen mereka gagal atau berhasil, dan dengan demikian bekerja ekstra keras untuk menenangkannya,” kata Aleksa.

Sebagai penguasa Gunung Olympus, Zeus memimpin jajaran dewa dan dewi, membuat keputusan penting dan menjaga ketertiban di antara para dewa. Hal ini adalah faktor lain yang membuatnya menjadi dewa yang dihormati di Yunani kuno. 

Menurut Aleksa, Zeus adalah dewa yang kompleks, ia dikenal karena kebijaksanaannya dan sifatnya yang cepat marah.

“Dia bisa menjadi adil dan jujur dalam penilaiannya, tetapi juga bisa menjadi impulsif dan pendendam ketika marah,” jelas Aleksa.

Thor Mitologi Nordik

Mjölnir adalah nama palu Thor dalam mitologi Nordik. Selain sebagai senjata, palu ini digunakan sebagai alat pemberkatan. (Public domain)