Mitologi Yunani: Ariadne, Cucu Dewa Matahari dan Saudari Tiri Minotaur

By Ricky Jenihansen, Rabu, 1 November 2023 | 10:00 WIB
Ariadne memberikan benang merah kepada Theseus. (Pelagius Palagi/Creative Commons)

Nationalgeographic.co.idAriadne adalah cucu dari dewa matahari Helios dan saudari tiri Minotaur yang terkenal dalam mitologi Yunani. Ariadne terkenal karena perannya dalam membantu pahlawan Yunani Theseus membunuh Minotaur.

Seperti diketahui, Minotaur adalah monster setengah manusia setengah banteng yang lahir dari perselingkuhan ibunya Pasiphae dengan seekor banteng.

Kisah ibu Ariadne mungkin yang paling aneh dan mengejutkan. Pasiphae mengutuknya untuk mencintai seekor banteng yang canting dan berhubungan intim dengan banteng tersebut.

Dewa Poseidon marah karena ayah Ariadne, Raja Minos menolak mengorbankan seekor banteng putih yang cantik kepada dewa tersebut. Poseidon menghukumnya dengan menyebabkan istrinya, Pasiphae, jatuh cinta pada hewan tersebut.

Pasiphae memohon kepada pengrajin ulung Daedalus untuk mengukir sapi kayu realistis di mana dia bisa bersembunyi untuk merayu banteng.

Hasil dari hubungan terlarang itu adalah, Pasiphae melahirkan anak yang bertubuh separuh manusia dan separuh banteng. Minotaur menjadi monster bertubuh manusia tetapi berkepala banteng dengan nafsu makan daging manusia yang tak pernah terpuaskan dalam mitologi Yunani.

Makhluk itu adalah saudara tiri Ariadne dan diasingkan oleh ayahnya ke kedalaman Labirin yang gelap sehingga ia tidak akan pernah bisa melarikan diri.

Jadi dalam mitologi Yunani, Ariadne berasal dari keluarga kuat. Ibunya adalah Pasiphae, putri dewa matahari Helios dan ayahnya adalah Raja Minos dari Kreta.

Sementara bibi Ariadne adalah Circe, penyihir yang mengubah anak buah Odysseus menjadi babi dalam Homer's Odyssey. Sepupunya adalah Medea, yang kisahnya mirip dengan kisah Ariadne dalam beberapa hal.

Seperti Ariadne, Medea juga memikiki potensi menjadi pahlawan dan mencapai prestasi legendaris. Khususnya dalam kisah dia memberi Jason dan para Argonaut krim ajaib.

Ia juga menberi instruksi, sehingga mereka dapat mencuri Bulu Emas dari ayahnya Aeëtes dari Colchis – dan kemudian melarikan diri.

Theseus & LabirinMinos, Ayah Ariadne memenjarakan Minotaur di labirin di bawah lantai istana Knossos di Kreta. Labirin dalam mitologi adalah labirin bawah tanah yang kompleks.