Sisi Lain Kehidupan Marco Polo, Penjelajah Sohor dalam Sejarah Dunia

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 2 Desember 2023 | 07:00 WIB
Marco Polo merupakan salah satu penjelajah terkenal dalam sejarah dunia kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.idMarco Polo adalah salah satu penjelajah paling terkenal dalam sejarah dunia kuno. Dia mencatat perjalanannya ke Tiongkok dan wilayah lain di Asia dalam sebuah buku yang masih banyak dibaca hingga saat ini.

Marco Polo dikenal sebagai penjelajah, tetapi tak banyak yang tahu mengenai kehidupan pribadinya. Marco Polo memiliki istri bernama Donata Badoer yang tercatat dalam sejarah dunia kuno. Lalu, siapa dia, dan peran apa yang dia mainkan dalam kehidupan Marco Polo?

Ketenaran Marco Polo

Dalam catatan sejarah dunia kuno, Marco Polo lahir di Venesia, Italia, pada tahun 1254. Sejak usia muda, ia menunjukkan minat untuk menjelajahi dunia di luar kampung halamannya.

Ketika dia berusia 17 tahun, dia bepergian bersama ayah dan pamannya ke Tiongkok. Perjalanan ini pada akhirnya menjadi dasar bagi bukunya yang terkenal, The Travels of Marco Polo, yang juga dikenal sebagai Descriptions of the World.

Marco dilahirkan dalam keluarga pedagang makmur di Venesia. Ayah serta pamannya adalah pedagang berpengalaman. Ketiga orang tersebut melakukan perjalanan melalui darat dan laut, mencapai Tiongkok pada tahun 1271 atau 1272.

Mereka menghabiskan 24 tahun berikutnya menjelajahi negara tersebut. Kemudian, mereka menjelajahi tempat yang kemudian dikenal sebagai Jalur Sutra, dan mempelajari adat istiadat dan budaya Tiongkok.

Marco sangat terpesona oleh kaisar Tiongkok, Kubilai Khan. Dia bahkan menjabat sebagai diplomat Khan dalam berbagai urusan istana. Akhirnya pada tahun 1295, keluarga Polo memutuskan untuk kembali ke Venesia.

Namun, perjalanan pulang mereka menakutkan. Marco ditangkap dan dipenjarakan. Dia akhirnya dibebaskan dan kembali ke Venesia pada tahun 1295.

Setahun kemudian majikannya, Kubilai khan, meninggal. Hal ini pun membuat kerajaan Mongol berantakan. Selama dipenjara, Marco mendiktekan kisah-kisahnya tentang Tiongkok dan Timur Jauh kepada sesama narapidana, Rustichello da Pisa, yang menuliskannya.

Buku ini diterbitkan pada tahun 1298 atau 1299 dan dengan cepat menjadi buku terlaris. Kisah petualangan dan penjelajahan Marco Polo memikat imajinasi orang-orang di seluruh Eropa, dan bukunya tetap menjadi salah satu buku perjalanan paling populer sepanjang masa.

Menggunakan catatan yang dia kumpulkan selama perjalanan, Marco menceritakan perjalanannya melalui kekaisaran Mongol, menggambarkan Kubilai Khan dan kerajaannya.