Hygieia, Dewi Kesehatan, Kebersihan dan Higienis dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Rabu, 8 November 2023 | 19:00 WIB
Hygieia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan higienis dalam mitologi Yunani. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.idHygieia adalah dewi kesehatan, kebersihan dan higienis dalam mitologi Yunani. Dia terhubung dengan dewa penyembuh Asclepios dan menjadi pasangan penyembuh paling terkenal di dunia Yunani kuno.

Perawatan medis saat ini diyakini berakar pada mitologi Yunani Hygieia ini. Terutama dengan diperkenalkannya Asclepios dan Hygieia di Athena.

Setelah itu tumbuhlah kultus penyembuhan yang sangat penting yang ada dari sekitar 500 SM hingga 500 M. Hygieia memainkan peran yang sangat tidak biasa dalam kepercayaan orang Yunani karena identitasnya yang tidak jelas.

Dia telah diberi beberapa nama, yang saling bersilangan sepanjang waktu melalui literatur modern dari akhir abad ke-19 Masehi. Istilah-istilah seperti dewi, personifikasi, abstraksi, dan perluasan Asklepios hanyalah beberapa label yang diberikan kepadanya.

Ini adalah pertanyaan yang menarik mengapa para ilmuwan dan sejarawan modern menggunakan nama yang berbeda untuk Hygieia, padahal sumber-sumber kuno secara harfiah menyatakan bahwa dia adalah seorang dewi.

Contohnya adalah Sumpah Hippokrates yang pertama, yang menyatakan: "Aku bersumpah demi Apollo, sang penyembuh, Asklepios, Hygieia, dan Panakeia, dan aku menjadi saksi semua dewa, semua dewi, untuk menjaga sesuai dengan kemampuan dan penilaianku, berikut Sumpah dan Persetujuannya." (Sumpah Hippokrates)

Jadi kesimpulannya kita harus membahas pengertian personifikasi. Apa itu personifikasi? Apakah yang dimaksud dengan representasi antropomorfis benda mati? Tahapan personifikasi manakah yang dapat didefinisikan?

Menurut Stafford, kesehatan adalah salah satu keadaan fisiologis yang dipersonifikasikan di dunia kuno, mungkin paling mirip dengan Tidur (Hypnos/Somnus), yang juga memiliki hubungan kuat dengan kultus penyembuhan dan bahkan dapat digambarkan tertidur di kaki Hygieia.

Kedua, kita harus bertanya pada diri kita sendiri, pertanyaan seperti, apakah dewa-dewa itu? Apakah dewa-dewa Yunani abadi dan hidup di Gunung Olympos?

Apakah mereka meminum nektar dan memakan ambrosia, sambil berperan sebagai manusia yang tidak terlihat namun tetap ada di mana-mana?

Penting untuk membedakan antara dewa-dewa Olympus dan dewa-dewa Yunani, karena mitologi pada dasarnya adalah sesuatu selain keyakinan.

Ketiga, ada pembahasan tentang mitologi. Meskipun dia tidak punya banyak mitologi, dia dikaitkan dengan beberapa dewa seperti Apollo, Athena, dan Asclepios.